Kejagung Titipkan Jimmy Tersangka TPPU PT Asabri ke KPK - GROBOGAN TOP NEWS

Kejagung Titipkan Jimmy Tersangka TPPU PT Asabri ke KPK

 

GTOPNEWS.COM – Jimmy Sutopo, tersangka kasus dugaan korupsi penyimpangan investasi di PT Asabri, dititipkan Kejagung ke KPK.

Jimmy adalah Direktur PT Jakarta Emiten Investor Relationship. Dia dititipkan di Rutan KPK  Kavling C1 mulai 15 Februari 2021.

Jubir KPK Ali Fikri mengatakan, sebelum ditahan, Jimmy akan diisolasi 14 hari di lingkungan Rutan KPK. Hal ini dilakukan untuk mencegah penularan Covid-19 di lingkungan rutan itu.

KPK menerima titipan tahanan itu sebagai bentuk dukungan dan koordinasi dengan Kejaksaan Agung RI dalam penanganan perkara tipikor.

Tersangka Jimmy Sutopo oleh Kejagung dijerat dalam perkara dugaan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) dalam pengelolaan keuangan dan dana investasi di PT Asabri (Persero) pada beberapa perusahaan dari periode 2012 s/d 2019.

‘’Mulai hari ini yang bersangkutan menjalani isolasi," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri di Gedung KPK Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa (16/2/2021).

Sebeloumnya Kejagung menetapkan Jimmy sebagai tersangka baru dalam kasus dugaan korupsi penyimpangan investasi di PT Asabri.

Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung Leonard Eben Ezer Simanjuntak mengatakan Jimmy merupakan tersangka baru yang dijerat dengan tindak pidana pencucian uang (TPPU).

‘’Dia merupakan tersangka pertama di kasus ini yang dijerat TPPU,’’ katanya.

Total kerugian keuangan negara akibat korupsi di PT Asabri mencapai Rp 23,7 triliun. Besarnya kerugian itu diperoleh dari perhitungan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Sebelumnya Kejagung telah menetapkan 9 orang tersangka dalam kasus ini. Mereka adalah Mayjen Purn Adam Rachmat Damiri sebagai Direktur Utama PT Asabri periode 2011-2016.
Letjen Purn Sonny Widjaja sebagai Direktur Utama PT Asabri periode 2016-2020.
Bachtiar Effendi sebagai Kepala Divisi Keuangan dan Investasi PT Asabri periode 2012-2015.
Hari Setianto sebagai Direktur Investasi dan Keuangan PT Asabri periode 2013-2019.
Ilham W Siregar sebagai Kepala Divisi Investasi PT Asabri periode 2012-2017.

Lukman Purnomosidi sebagai Presiden Direktur PT Prima Jaringan.
7. Heru Hidayat sebagai Presiden PT Trada Alam Minera.
Benny Tjokrosaputro sebagai Komisaris PT Hanson International Tbk.
Dan Jimmy Sutopo, Direktur PT Jakarta Emiten Investor Relationship. (syam/TN)

 

Kejagung Titipkan Jimmy Tersangka TPPU PT Asabri ke KPK Kejagung Titipkan Jimmy Tersangka TPPU PT Asabri ke KPK Reviewed by samsul huda on February 16, 2021 Rating: 5

No comments

Post AD