Dinas PUPR Grobogan Segera Lelang Dini 372 Paket Pekerjaan Peningkatan Jalan dan Irigasi - GROBOGAN TOP NEWS

Dinas PUPR Grobogan Segera Lelang Dini 372 Paket Pekerjaan Peningkatan Jalan dan Irigasi

 

GROBOGAN (GTopNews.Com) – Pemkab Grobogan segera mengadakan lelang dini proyek-proyek pengadaan barang dan jasa tahun anggaran 2021.  Hal itu menyusul adanya perintah Kemendagri  terkait program pemulihan ekonomi di daerah akibat dampak Covid-19.

‘’Kami sudah menginstruksikan ke semua organisasi perangkat daerah (OPD) untuk segera melaksanakan lelang dini proyek-proyek pengadaan barang dan jasa tahun anggaran 2021 sesuai anjuran pemerintah pusat. Tapi hal itu belum bisa terlaksana karena sistem informasi pembangunan daerah (SIPD) 2021 Kemendagri belum siap,’’ kata Seda Grobogan M Soemarsono di Purwodadi, Selasa (26/1/2021).

SIPD 2021 adalah  sistem aplikasi yang mendokumentasikan, mengadministrasikan, serta mengolah data pembangunan  daerah menjadi informasi yang disajikan kepada masyarakat dan sebagai bahan dalam pengambilan keputusan.

Dan SIPD kini menjadi bagian integral dalam proses penyusunan dokumen perencanaan pembangunan daerah.

Soemarsono mengatakan, aplikasi SIPD yang baru di Kemendagri masih dalam taraf penyempurnaan. Tidak dijelaskan kapan selesainya penyempurnaan itu.

‘’Yang pasti bila  minggu ini tidak rampung, kita diizinkan melaporkan data-data pembangunan daerah Grobogan tahun angaran 2021 melalui aplikasi SIPD lama,’’ ujarnya.

Ditanya program prioritas pembangunan proyek-proyek tahun anggaran 2021 dikatakan cukup banyak. Satu di antaranya adalah pembangunan peningkatan jalan. Karena pembangunan jalan Bupati Sri Sumarni periode 2015-2020 belum selesai akibat terhambat Covid-19.

‘’Jadi program pembangunan jalan ini merupakan kelanjutan dari program peningkatan jalan sebelumnya,’’ jelasnya.

Diperoleh keterangan dari DPRD Grobogan, bahwa dana alokasi khusus (DAK) untuk proyek peningkatan jalan dan irigasi dari pemerintah pusat yang gagal turun pada tahun 2020 akibat terpangkas program Covid-19, pada tahun anggaran ini dipastikan turun.

Untuk DAK jalan untuk 3 paket pekerjaan dialokasikan Rp 19,80 miliar dan DAK irigasi 6 paket pekerjaan dialokasikan Rp 7,55 miliar. Adapun Dana Banprov untuk 4 paket pekerjaan peningkatan jalan dialokasikan Rp 27,87 miliar, DAU untuk 359 paket pekerjaan jalan dialokasin Rp 101.887 miliar. Totalnya ada  372 paket pekerjalan jalan dan irigasi, nilainya sebesar Rp 157,105 miliar.

Tahun ini khusus paket jalan melalui program penunjukan langsung (PL) tercatat ada 296 paket dengan pagu anggaran sebesar Rp 56,707 miliar.

‘’Semua paket –paket proyek pengadaan barang dan jasa itu sepenuhnya dikelola oleh Dinas PUPR,’’ kata Sekda Grobogan.

Hal senada diungkapkan Ketua DPRD Grobogan Agus Siswanto. Ia mengatakan program peningaktan jalan tahun ini merupakan program prioritas dari Bupati Sri Sumarni periode 2015-2020.

‘’Jadi merupakan program target lanjutan dari  sebelumnya,’’ katanya. (syam/TN)

 

Dinas PUPR Grobogan Segera Lelang Dini 372 Paket Pekerjaan Peningkatan Jalan dan Irigasi Dinas PUPR Grobogan Segera Lelang Dini 372 Paket Pekerjaan Peningkatan Jalan dan Irigasi Reviewed by samsul huda on January 26, 2021 Rating: 5

No comments

Post AD