Dua Kepala Daerah Segera Ditangkap, Ketua KPK Firli: Silakan Lihat Minggu Depan - GROBOGAN TOP NEWS

Dua Kepala Daerah Segera Ditangkap, Ketua KPK Firli: Silakan Lihat Minggu Depan

 

GTOPNEWS.COM – Dua kepala daerah segera ditangkap, dan ditahan.

Demikian dikatakan Ketua KPK Firli Bahuri Firli usai Webinar Nasional Pilkada Berintegritas 2020 yang disiarkan kanal YouTube KPK, Selasa (10/11/2020).

Tidak dijelaskan identitas dari bupati dan wali kota itu. Firli mengatakan bahwa pihaknya tahun 2020 ini menahan 1- 3 orang kepala daerah. Terakhir adalah Wali Kota Tasikmalaya.

"Yang pasti minggu depannya ada kepala daerah yang ditahan. Bapak bisa lihat nanti. Adalah bupati dan wali kota yang ditahan," jelasnya.

Ia mengatakan hal itu menanggapi tidak adanya operasi tangkap tangan (OTT) setelah Harun Masiku.

Firli mengatakan akan ada dua kepala daerah yang ditahan pada pekan depan. Dua orang itu katanya adalah seorang bupati dan wali kota.

Sebelumnya Keua KPK Firli Bahuri memberikan pembekalan bagi para calon kepala daerah dari Kepulauan Riau, Lampung, Nusa Tenggara Timur, dan Kalimantan Timur. Kegiatan itu turut diikuti penyelenggara pemilu.

Firli menegaskan kembali berdasar data di KPK, terbanyak yang tertangkap korupsi karena suap itu tahun 2018. Pada tahun itu, 30 kali KPK melakukan OTT karena korupsi. Dan 30 kali ini, 22 di antaranya adalah melibatkan kepala daerah.

‘’Umumnya hal itu terjadi pada Pilkada 2018. Keterlibatan kepala daerah dalam kasus korupsi di tahun tersebut paling tinggi," ujarnya.

Firli bilang sebaran kasus korupsi di Indonesia terjadi di 34 provinsi. Namun yang ditangani KPK dari 2014-2020 terjadi di 26 provinsi.

"Kalau begitu hanya 8 (provinsi) yang tidak atau belum ketangkap," katanya. (syam/TN)

Dua Kepala Daerah Segera Ditangkap, Ketua KPK Firli: Silakan Lihat Minggu Depan Dua Kepala Daerah Segera Ditangkap, Ketua KPK Firli: Silakan Lihat Minggu Depan Reviewed by samsul huda on November 10, 2020 Rating: 5

No comments

Post AD