Alfamart Mrapen Jadi Urusan, Bor Sumur Sebabkan Api Abdi Padam - GROBOGAN TOP NEWS

Alfamart Mrapen Jadi Urusan, Bor Sumur Sebabkan Api Abdi Padam

 

GROBOGAN (GTopNews.Com) – Akhirnya terungkap pengeboran sumur artetis di belakang Alfamart dekat lokasi Api Abadi Mrapen di Desa Manggarmas, Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah diduga sebagai penyebab matinya api abadi itu.

Pihak berwajib setelah mengadakan penyelidikan terhadap aktivitas pengeboran itu, ternyata ilegal yakni tidak mengantongi ijin. Padahal kedalaman pengeboran mencapai 30 meter lebih.

Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jawa Tengah, Sujarwanto Dwiatmoko membenarkan hal itu. Ia mengatakan pengeboran tersebut tidak berijin dan pemrakarsa pengeboran sumur adalah pengusaha Alfamart.

"Saat ini kasusnya tengah ditangani penyidik Polres Grobogan," kata Sujarwanto di Semarang, Selasa (6/10/2020). 

Pihaknya menyerahkan sepenuhnya kasus itu ke pihak yang berwajib. Ia berharap kasusnya bisa segera dituntaskan sehingga bisa menjadi pembelajaran terhadap masyarakat sekitar Api Abadi Mrapen.

Kasi Energi Dinas ESDM Wilayah Kendeng Selatan, Sinung Sugeng Arianto mengatakan, pengeboran sumur itu berdampak buruk terhadap masyarakat sekitar.

Dari laporan yang diterima, beberapa warga mengalami pusing-pusing, dan mual akibat menghirup gas dari pengeboran sumur tersebut.

‘’Gas yang keluar dari pengeboran itu, menebarkan bau menyengat," ujarnya. 

Pihak perusahaan yang mengebor air tanah itu dinilai melanggar sejumlah peraturan pengambilan air bawah tanah. Di antaranya tidak mengantongi izin dari ESDM.

‘’Pengeboran dengan kedalaman 30 meter, harus izin. Sebab rawan dengan semburan gas yang berpotensi rawan terjadinya kebakaran,’’ katanya.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebelumnya mengatakan bahwa matinya Api Abadi  Mrapen  di Kabupaten Grobogan diduga akibat pengeboran ilegal. 

"Sesuai laporan yang saya terima di sekitar Mrapen memang banyak pengeboran gas ilegal," katanya. 

Pihaknya akan menindak tegas pengebor ilegal di kawasan itu. Sebab tindakannya mengancam kelangsungan Api Abadi Mrapen yang sudah mendunia untuk acara keagamaan maupun olah raga. (syam/TN)

Alfamart Mrapen Jadi Urusan, Bor Sumur Sebabkan Api Abdi Padam Alfamart Mrapen Jadi Urusan, Bor Sumur Sebabkan Api Abdi Padam Reviewed by samsul huda on October 08, 2020 Rating: 5

No comments

Post AD