Putusan Sidang Etik Ketua KPK Firli Bahuri Ditunda Akibat Dewas Jalani Swab - GROBOGAN TOP NEWS

Putusan Sidang Etik Ketua KPK Firli Bahuri Ditunda Akibat Dewas Jalani Swab

GTOPNEWS.COM – Dewan Pengawas (Dewas) KPK menunda putusan sidang etik Ketua KPK Firli Bahuri. Hal itu dilakukan karena salah seorang pegawainya terinfeksi virus corona (Covid-19). Sehingga pimpinan Dewas dan anggotanya harus menjalani tes swab.

‘’Memang sedianya hari ini Dewas KPK memutuskan sidang etik itu. Tapi karena Covid-19 menyebabkan putusan tersebut ditunda,’’ kata Jubir KPK Ali Fikri di kantornya Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa (15/9/2020).

Ali mengatakan hasil tracing Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19, didapat informasi bahwa anggota Dewas KPK kontak langsung dengan pegawai KPK yang dinyatakan positif Covid-19.

"Karena masalah itu sidang etik ditunda. Dan penundaan agenda sidang ini dilakukan karena dibutuhkannya tindakan cepat penanganan dan pengendalian Covid-19 di lingkungan KPK, khususnya Dewas," ujar Ali. 

Dari hasil tracing internal katanya, ditemukan indikasi interaksi antara pegawai yang positif Covid-19 dengan Anggota Dewas KPK, sehingga pada hari Selasa (15/9) ini dilakukan tes swab sejumlah pihak terkait.

Untuk itu, sidang putusan etik terhadap Firli ditunda 23 September atau hari Rabu pekan depan.

"Rencana persidangan etik Dewan Pengawas KPK dengan terperiksa YP, Pegawai KPK dan FB, Ketua KPK ditunda dari jadwal Selasa 15 September 2020 menjadi Rabu 23 September 2020," kata Ali.

Sidang etik terhadap Firli Bahuri sudah dilakukan sebanyak 3 kali. Pertama, pada Selasa (25/8), kedua pada Jumat (4/9), dan ketiga pada, Selasa (8/9).

Sidang ini merupakan tindak lanjut laporan Masyarakat Antikorupsi Indonesia (MAKI) kepada Dewas KPK, soal adanya dugaan pelanggaran kode etik yang dilakukan Firli karena naik helikopter mewah saat melakukan kunjungan ke Sumsel, yakni dari Palembang ke Baturaja, 20 Juni 2020.

Menurut MAKI, Firli patut diduga melanggar aturan tentang kode etik pimpinan KPK terkait larangan bergaya hidup mewah. (syam/TN)

 

Putusan Sidang Etik Ketua KPK Firli Bahuri Ditunda Akibat Dewas Jalani Swab Putusan Sidang Etik Ketua KPK Firli Bahuri Ditunda Akibat Dewas Jalani Swab Reviewed by samsul huda on September 15, 2020 Rating: 5

No comments

Post AD