KPK Terbitkan Surat Perintah Supervisi Kasus Djoko Tjandra - GROBOGAN TOP NEWS

KPK Terbitkan Surat Perintah Supervisi Kasus Djoko Tjandra

 

GTOPNEWS.COM – KPK memerintahkan Deputi Penindakan Karyoto segera menerbitkan surat perintah supervisi terkait penangangan perkara Djoko Tjandra di Kejaksaan Agung dan Polri.

"Pimpinan telah memerintahkan Deputi Penindakan untuk menerbitkan surat perintah supervisi penanganan perkara DST (Djoko Soegiarto Tjandra) dan kawan-kawan di Kejagung dan Polri," kata Wakil Ketua KPK Alexander Marwata di kantornya Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat (4/9/2020).

Alex mengatakan selain menerbitkan surat perintah supervisi, KPK juga akan mengundang Kejaksaan Agung dan Polri dalam gelar perkara terkait kasus tersebut. Gelar perkara itu dilakukan untuk mempertimbangkan pengambilalihan perkara Djoko Tjandra dari Kejagung dan Polri sebagaimana diatur dalam Pasal 10A UU KPK.

KPK kata Alex, akan melihat perkembangan penanganan perkara itu untuk kemudian mengambil sikap pengambilalihan apabila memenuhi syarat-syarat alasan sebagaimana diatur dalam Pasal 10A Undang-undang Nomor 19 Tahun 2019.

Menurutnya, pengambilalihan penanganan perkara sebagaimana diatur dalam Pasal 10A UU KPK tidak perlu menunggu penyusunan peraturan presiden lebih lanjut.

Seperti diketahui, Polri dan Kejaksaan Agung kini sama-sama menangani kasus dugaan suap di balik pelarian Djoko Tjandra. Polri menangani kasus dugaan suap terkait penghapusan red notice serta penerbitan surat jalan. Sementara Kejaksaan Agung mengani kasus dugaan suap yang melibatkan Jaksa Pinangki Sirna Malasari terkait pengurusan fatwa Mahkamah Agung. (syam/TN)

KPK Terbitkan Surat Perintah Supervisi Kasus Djoko Tjandra KPK Terbitkan Surat Perintah Supervisi Kasus Djoko Tjandra Reviewed by samsul huda on September 07, 2020 Rating: 5

No comments

Post AD