KPK Ingatkan Empat Kunci Antikorupsi di Sekolah Calon Kepala Daerah PDI-P - GROBOGAN TOP NEWS

KPK Ingatkan Empat Kunci Antikorupsi di Sekolah Calon Kepala Daerah PDI-P

 

GTOPNEWS.COM - Para calon kepala daerah yang diusung PDI-P diingatkan konsisten menjalankan empat prinsip antikorupsi sejak masa kampanye hingga terpilih.

Hal itu dikatakan Wakil Ketua KPK Alexander Marwata pada calon kepala daerah dari PDIP yang mengikuti sekolah politik di Jakarta, Selasa (15/9/2020).

Acara itu dihadiri 212 peserta calon kepala daerah. Dari jumlah tersebut 28 orang di antaranya dari kader PDI-P dan 184 nonkader.

Alex berharap calon dari PDIP itu, semua menjadi pemimpin yang amanah, benar-benar bekerja untuk masyarakat, dan menjauhkan diri dari perbuatan tercela utamanya perbuatan korupsi.

Menurut Alex ada empat kata kunci yang mudah diingat para calon kepala daerah PDI-P ketika terpilih sebagai kepala daerah.

Ia menyebutnya dengan 4 No. Pertama, No Bribery atau tidak boleh menyuap atau menerima suap. Kedua No Kickback atau tak boleh menerima atau mengharapkan imbal balik atas kebijakan atau keputusannya. Ketiga No Gift atau berarti tak boleh menerima hadiah ataupun gratifikasi dalam bentuk apapun. Keempat No Luxurious Hospitality atau tak boleh menjamu atau menerima jamuan sebagai tamu yang berlebihan.

"Jika anda ikuti 4 No ini, saya yakin anda akan aman selama menjabat, tak perlu khawatir dan perlu takut membuat keputusan," ujar Alex.

Ia menjelaskan hasil riset KPK menemukan bahwa ada sejumlah harapan besar masyarakat bagi pemimpinnya di daerah. Yaitu kepala daerah yang memegang janji ketika kampanye, berani melaporkan dugaan tipikor, tidak mau menerima suap, melaporkan gratifikasi, mengumumkan harta kekayaan, dan menyuarakan gerakan antikorupsi melalui media serta melakukan sosialisasi dan kampanye antikorupsi.

"Karena itu anda semua diharapkan jadi role model, teladan bagi masyarakat dan aparat dimana anda memimpin," katanya. (syam/TN)

KPK Ingatkan Empat Kunci Antikorupsi di Sekolah Calon Kepala Daerah PDI-P KPK Ingatkan Empat Kunci Antikorupsi di Sekolah Calon Kepala Daerah PDI-P Reviewed by samsul huda on September 15, 2020 Rating: 5

No comments

Post AD