KPK Periksa Staf Keuangan PTDI Sonny Ibrahim terkait Kasus Korupsi PT Dirgantara - GROBOGAN TOP NEWS

KPK Periksa Staf Keuangan PTDI Sonny Ibrahim terkait Kasus Korupsi PT Dirgantara

 


GTOPNEWS.COM – Staf Keuangan PTDI Sonny Ibrahim dipanggil penyidik KPK untuk diperiksa dalam kasus dugaan korupsi terkait kegiatan penjualan dan pemasaran PT Dirgantara Indonesia ( PTDI) tahun 2007-2017.

‘’Yang bersangkutan diperiksa sebagai saksi dari tersangka BS (Budi Santoso), eks Dirut PTDI,’’ kata Plt Jubir KPK Ali Fikri di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senin (31/8/2020).

Ia mengatakan Sonny sebagai orang dalam diduga mengetahui aliran dana dari hasil penjualan dan pemasaran PT Dirgantara Indonesia tahun 2007-2017.

KPK juga memanggil eks Direktur Polisi Udara Mabes Polri Irjen (Purn) Deddy Fauzin El Hakim.  Dia sedianya diperiksa sebagai saksi untuk tersangka BS (eks Direktur Utama PT DI, Budi Santoso). Namun yang bersangkutan mangkir dari panggilan penyidik KPK

Dalam kasus ini, KPK telah menetapkan eks Dirut PT DI Budi Santoso dan eks Asisten Dirut Bidang Bisnis Pemerintah PTDI Irzal Rinaldi Zaini sebagai tersangka kasus dugaan korupsi terkait kegiatan penjualan dan pemasaran di PTDI.

Budi dan Irzal diduga telah merugikan keuangan negara senilai Rp 205,3 miliar dan 8,65 juta dollar AS karena melakukan penjualan dan pengadaan fiktif.

Uang itu dibayarkan PTDI kepada enam perusahaan mitra atau agen yang bekerja sama dengan PTDI meski mitra atau agen tersebut tidak pernah melakukan pekerjaannya.

‘’Karena itulah kita menyimpulkan bahwa terjadi pengerjaan fiktif," kata Ketua KPK Firli Bahuri.

Atas perbuatannya, Budi dan Irzal dijerat Pasal 2 Ayat (1) atau Pasal 3 UU Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 Ayat (1) KUHP.. (syam/TN)

KPK Periksa Staf Keuangan PTDI Sonny Ibrahim terkait Kasus Korupsi PT Dirgantara KPK Periksa Staf Keuangan PTDI Sonny Ibrahim terkait Kasus Korupsi PT Dirgantara Reviewed by samsul huda on August 31, 2020 Rating: 5

No comments

Post AD