Pilihan Terakhir Harun Masiku Disidangkan Secara In Absentia - GROBOGAN TOP NEWS

Pilihan Terakhir Harun Masiku Disidangkan Secara In Absentia


GTOPNEWS.COM – Politisi PDIP Harun Masiku yang ditetapkan KPK sebagai tersangka suap pergantian antar waktu (PAW) anggota DPR RI masih jadi buronan hingga saat ini.
Bahkan KPK telah memperpanjang masa pencegahan ke luar negeri terhadap tersangka itu, ke Ditjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM.
Plt Jubir KPK Ali Fikri mengatakan bahwa pihaknya bersama kepolisian terus mencari keberadaan Harun Masiku hingga tertangkap. Meskipun belakangan tersangka itu ada yang menganggap telah meningal dunia.
‘’Kami tegaskan bahwa KPK masih mengejar Harun Masiku dan tentu tempat-tempat yang jadi titik pengejaran tidak bisa kami sampaikan karena hal ini merupakan teknis lapangan," kata Ali di Gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa  (20/7/2020).
Bila sampai jadwal persidangan Harun belum tertangkap, KPK teraksa menyidangkannya secara in absentia.
‘’In absentia merupakan pilihan terakhir,’’ ujar Ali. Ia mengatakan setidaknya ada dua alasan hal itu dilakukan. Satu, karena KPK masih akan terus mengupayakan agar terdakwa dapat dihadirkan. Kedua,  perlu ada kajian aspek teknisnya. Ali mengatakan kasus yang menjerat Harun Masiku akan mudah dibuktikan karena perkara yang sama dengan terdakwa Saeful Bahri sudah diputus terbukti sah dan meyakinkan bersalah. (syam/TN)

Pilihan Terakhir Harun Masiku Disidangkan Secara In Absentia Pilihan Terakhir Harun Masiku Disidangkan Secara In Absentia Reviewed by samsul huda on July 21, 2020 Rating: 5

No comments

Post AD