Erick Thohir Jelaskan Alasan Direksi BUMN Kerap Terbelit Kasus Korupsi - GROBOGAN TOP NEWS

Erick Thohir Jelaskan Alasan Direksi BUMN Kerap Terbelit Kasus Korupsi


GTOPNEWS.COM - Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan ada beberapa faktor yang membuat direksi-direksi BUMN terjerat kasus korupsi. Berdasarkan catatannya, dalam beberapa tahun terakhir ada 53 kasus korupsi yang melibatkan BUMN.
“Terjadi banyak sekali kasus korupsi, beberapa tahun ini saja sudah terjadi 53 kasus korupsi di BUMN,” kata Erick dalam diskusi virtual pada Kamis (2/7/2020) malam.
Erick mengatakan, kasus-kasus itu bisa terjadi karena tak ada pemetaan yang jelas soal tugas dari masing-masing BUMN. Sehingga para direksinya mencampurkan urusan bisnis korporasi dan tugas BUMN untuk melayani publik.
“BUMN dulunya memegang peran ganda untuk memenuhi nilai ekonomi dan pelayanan publik. Tetapi problemnya karena ini garis merahnya tidak jelas, akhirnya para direksi sendiri mencampuradukkan antara penugasan dan bisnis yang benar,” ujar Erick. Menurut Menteri Erick, BUMN-BUMN harus diklasifikasi masing-masing tugasnya. Mana BUMN yang fokus memberi pelayanan ke publik dan mana perusahaan plat merah yang fokus menjalankan bisnisnya.
Misalnya, saat ini Bank Mandiri dan Telkomsel untuk fokus di bisnis. Sementara PT Pupuk Indonesia difokuskan untuk melayani publik.
“Ini di-mapping agar direksi KPI-nya jelas dan enggak ada iri-irian satu sama lainnya,” ucap dia. (syam/TN)

Erick Thohir Jelaskan Alasan Direksi BUMN Kerap Terbelit Kasus Korupsi Erick Thohir Jelaskan Alasan Direksi BUMN Kerap Terbelit Kasus Korupsi Reviewed by samsul huda on July 06, 2020 Rating: 5

No comments

Post AD