Buronan Kasus Bank Bali Djoko Tjandra Ditangkap di Malaysia - GROBOGAN TOP NEWS

Buronan Kasus Bank Bali Djoko Tjandra Ditangkap di Malaysia

GTOPNEWS.COM -  Joko Joegiarto Tjandra alias Djoko Tjandra ditangkap di Malaysia, Kamis (30/7/2020) hari ini. Buronan kasus korupsi pengalihan hak tagih (cessie) Bank Bali itu dibawa Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo dari Malaysia ke Indonesia dan  tiba di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta, malam ini pukul 20.30 WIB.

Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Argo Yuwono mengatakan saat ini Djoko Tjandra dalam proses pemulangan dari Malaysia ke Indonesia.

"Bahkan kini tengah menuju Bandara Halim," kata Argo di Bandara Halim, Kamis (30/7/2020) malam.

Buronan Djoko sempat menarik perhatian publik karena bisa masuk ke Indonesia dengan leluasa atas bantuan sejumlah pihak.

Seharusnya Djoko Tjandra ditahan sejak tahun 2009. Saat itu dia dijerat perkara cessie Bank Bali dengan hukuman 2 tahun penjara dan denda Rp 15 juta. Namun yang bersangkutan kabur ke luar negeri.

Selanjutnya Djoko Tjandra sempat berada di Indonesia tanpa terdeteksi aparat penegak hukum dan pihak keimigrasian. Bahkan dia sempat membuat e-KTP dan mengajukan permohonan Peninjauan Kembali (PK) di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada 8 Juni.

Djoko Tjandra berhasil keluar dari Indonesia menuju Malaysia. Menurut pengacaranya, Djoko Tjandra tengah sakit dan berobat di Malaysia.

Djoko Tjandra selama empat kali persidangan PK tidak pernah hadir di PN Jaksel. Menurut pengacara, Djoko Tjandra masih sakit sehingga tidak bisa menghadiri persidangan.

Akhirnya PN Jakarta Selatan menolak permohonan PK Djoko Tjandra. Permohonannya tidak dilanjutkan ke Mahkamah Agung.

Brigadir Jenderal Prasetijo Utomo dicopot dari jabatan Kepala Biro Koordinasi dan Pengawasan PPNS Bareskrim Polri, Inspektur Jenderal Napoleon Bonaparte dicopot dari jabatan Kepala Divisi Hubungan Internasional Polri, dan Brigadir Jenderal Nugroho Slamet Wibowo dicopot dari jabatan Sekretaris NCB Interpol Indonesia akibat melindungi dan membantu kedatangan buronan Djoko Tjandra ke Indonesia untuk mengurus PK. (syam/TN)

 

 
Buronan Kasus Bank Bali Djoko Tjandra Ditangkap di Malaysia Buronan Kasus Bank Bali Djoko Tjandra Ditangkap di Malaysia Reviewed by samsul huda on July 30, 2020 Rating: 5

No comments

Post AD