Kartu Prakerja, Ketua KPK Firli Bahuri: Belum Timbulkan Kerugian Negara - GROBOGAN TOP NEWS

Kartu Prakerja, Ketua KPK Firli Bahuri: Belum Timbulkan Kerugian Negara


GTOPNEWS.COM – Program Kartu Prakerja belum menimbulkan kerugian keuangan negara.
Hal itu ditegaskan Ketua KPK Firli Bahuri saat rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi III DPR, Kamis (25/6/2020).
Ia mengakui bahwa sejauh ini banyak kawan-kawan DPR bertanya berapa keuangan negara yang keluar dari program Kartu Prakerja. Tapi pihaknya tak dapat menjelaskan karena hal itu bukan kewenangannya.
Yang pasti katanya sampai hari ini belum ada keuangan negara yang hilang dari program itu. Ini artinya, lanjut Firli, program Kartu Prakerja belum menimbulkan kerugian negara.
Sebelumnya KPK melakukan kajian terkait program kartu prakerja itu. Firli mengatakan hasil kajian tersebut telah disampaikan ke Menko Perekonomian Erlangga Hartarto. Firli mengapresiasi pemerintah yang mengubah mekanisme program.
‘’Saran kami waktu itu perlu dilakukan perubahan mekanisme, perlu dilakukan perbaikan regulasi. Alhamdulilah pemerintah dengarkan suara KPK sehingga Kartu Prakerja sempat ditunda pelaksanaannya sampai hari ini,’’ ujarnya.
Ditegaskan apa yang dilakukan semata dalam rangka melakukan pencegahan korupsi dan menyelamatkan uang negara.
‘’Daripada kita menangkap seseorang tapi uangnya sudah hilang lebih dahulu, lebih baik dilakukan pencegahan," jelasnya.
Dalam kajian itu, KPK menemukan sejumlah permasalahan dalam 4 aspek terkait pelaksanaan program tersebut. Yaitu permasalahan dalam proses pendaftaran, kemitraan dengan platform digital, materi pelatihan, hingga pelaksanaan program.
KPK juga mengeluarkan rekomendasi untuk memperbaiki teknis pelaksanaan program tersebut. Hasil kajian dan rekomendasi tersebut sudah dipaparkan ke Kemenko Perekonomian dan instansi terkait 28 Mei 2020. (syam/TN)

Kartu Prakerja, Ketua KPK Firli Bahuri: Belum Timbulkan Kerugian Negara Kartu Prakerja, Ketua KPK Firli Bahuri:  Belum Timbulkan Kerugian Negara Reviewed by samsul huda on June 25, 2020 Rating: 5

No comments

Post AD