Kemenhub Siapkan Sanksi Mudik - GROBOGAN TOP NEWS

Kemenhub Siapkan Sanksi Mudik


GTOPNEWS.COM - Kementerian Perhubungan tengah menyiapkan sanksi yang akan diterapkan di jalan arteri dan tol bagi masyarakat yang nekat mudik. Sanksi pertama akan berlaku 24 April 2020 berupa putar balik untuk kendaraan non-logistik.
"Saat ini yang didiskusikan adalah sanksi. Memang kita ada dua skenario besar, kalau sanksi yang sekarang tanggal 24 April sampai tanggal 7 Mei putar balik (kendaraan non-logistik)," kata Direktur Lalulintas Ditjen Perhubungan Darat Sigit Irfansyah melalui siaran langsung, Rabu (22/4/2020).
Ia mengatakan sanksi tegas bisa saja diterapkan bila dalam 2 minggu sejak diberlakukannya sanksi pertama tadi masih banyak yang melanggar. Nantinya akan ada evaluasi lebih lanjut untuk membahas sanksi berikutnya.
"Apakah nanti ada sanksi yang tegas, kalau nanti sampai tanggal 7 Mei banyak yang memaksa keluar dari wilayah PSBB tentu akan ada sanksi yang tegas. Hal ini kita lihat dari evaluasi dari 24 sampai 7 Mei," ujarnya.
Sigit berharap tidak ada lagi kendaraan yang melintas terutama bagi kendaraan roda dua, selama masa PSBB.
Dia mengatakan, pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua cukup tinggi sehingga perlu ada pengamatan agar mereka tidak lolos dari wilayah pencegatan.
"Mudah-mudahan tidak ada orang berlintas lagi, kecuali ada titik-titik tertentu yang tidak bisa kita monitor. Terutama untuk sepeda motor, kami sadar bahwa yang mudik sepeda motor juga cukup besar,’’ ujarnya.
Dikatakan, bila ada yang lolos mudik sampai ke daerah asalnya, akan ada Dinas Perhubungan yang mencegat. Para pemudik itu nantinya harus melaksanakan isolasi mandiri atau karantina sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) yang sudah ditetapkan.
"Kita dibantu dinas perhubungan di daerah di tempat mereka datang. Itu yang mereka akan cegat di sana dengan SOP yang jelas,’’ jelasnya.
Dikatakan aturan-aturan itu segera diselesaikan dan ditargetkan besok sudah selesai. Kemungkinan akan ada Instruksi Presiden (Inpres) atau Peraturan Presiden (Perpres) sebelum rekomendasi dari Kemenhub keluar.
"Insyaallah hari ini regulasinya selesai, mudah-mudahan besok regulasinya Kementerian Perhubungan keluar," katanya. (syam/TN)

Kemenhub Siapkan Sanksi Mudik Kemenhub Siapkan Sanksi Mudik Reviewed by samsul huda on April 22, 2020 Rating: 5

No comments

Post AD