Akibat Covid-19, Jokowi Minta Kepala Daerah Pangkas Anggaran Perjalanan Dinas - GROBOGAN TOP NEWS

Akibat Covid-19, Jokowi Minta Kepala Daerah Pangkas Anggaran Perjalanan Dinas


GTOPNEWS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali meminta seluruh jajarannya di Kabinet Indonesia Maju dan para kepala daerah memangkas rencana belanja yang tidak prioritas.
Sebelumnya, Jokowi juga meminta realokasi APBN dan APBD untuk kegiatan prioritas penanganan Covid-19.
"Ini perlu saya sampaikan, saya perintahkan ini kepada semua menteri, gubernur, bupati, dan wali kota agar memangkas rencana belanja yang tidak prioritas di APBN maupun APBD," kata Jokowi melalui telekonferensi dari Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (24/3/2020).
Anggaran nonprioritas itu adalah anggaran perjalanan dinas, pertemuan-pertemuan, belanja-belanja lain yang tidak dirasakan langsung oleh masyarakat.
"Segera dipangkas karena kondisi fiskal kita sekarang ini bukan sebuah kondisi yang enteng," pintanya.
Jokowi telah menandatangani Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 4 Tahun 2020 untuk memfokuskan kembali segala kegiatan, realokasi anggaran, serta pengadaan barang dan jasa dalam rangka percepatan penanganan Covid-19.
Inpres itu kata Jokowi menjadi landasan hukum yang dapat digunakan untuk keperluan dimaksud.
"Landasan hukumnya sudah jelas. Jumat tanggal 20 Maret 2020 telah saya tanda tangani Inpres Nomor 4 Tahun 2020. Sekali lagi, bukan hanya penanganan kesehatan untuk masyarakat tetapi juga untuk penanganan dampak ekonomi masyarakat lewat bantuan-bantuan sosial," ujarnya.
Untuk diketahui, setelah Inpres itu disahkan, kementerian dan lembaga diminta segera merevisi anggaran dan mengajukannya kepada Menteri Keuangan.
Selain itu, Inpres tersebut juga mengatur agar kementerian dan lembaga mempercepat pelaksanaan pengadaan barang dan jasa untuk penanggulangan Covid-19 dengan memperluas serta mempermudah akses sesuai Undang-Undang Penanggulangan Bencana dan aturan turunannya. (syam/TN)


Akibat Covid-19, Jokowi Minta Kepala Daerah Pangkas Anggaran Perjalanan Dinas Akibat Covid-19, Jokowi  Minta Kepala Daerah Pangkas Anggaran Perjalanan Dinas Reviewed by samsul huda on March 24, 2020 Rating: 5

No comments

Post AD