Semburan Lumpur Mirip Lapindo Muncul di Grobogan - GROBOGAN TOP NEWS

Semburan Lumpur Mirip Lapindo Muncul di Grobogan


GROBOGAN (GTopNews.Com) – Semburan lumpur mirip Lapindo muncul di Grobogan, Jateng, Sabtu (29/2/2020). Hal itu terjadi di Dusun Karangasem Desa Karanganyar Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Grobogan.
Seketika masyarakat daerah itu, heboh dengan munculnya semburan lumpur tersebut. Lebih-lebih semburannya mencapai ketinggian 40 meter.  
Semburan itu muncul dari bekas pengeboran sumur di lahan milik Yayasan Yatim Piatu Yatama Karanganyar, Sabtu (29/2) pukul 06.00 WIB.
Pengurus Yayasan Yatama Kahat Muhroji mengatakan, pengeboran mulai dikerjakan, Rabu (26/2)  untuk membuat sumur artetis. Ketika mencapai kedalaman 60 meter, dan dipasang pipa mendadak mengeluarkan semburan lumpur, tapi kecil.
"Pagi tadi 07.00 WIB mulai menyemburkan lumpur tapi kecil, yaitu tinggi semburannya hanya sekitar 1 meter,’’ kata Kahat di lokasi kejadian, Sabtu (29/2/2020).
Dua jam kemudian, lanjut Kahat, semburannya mendadak tinggi hingga mencapai 40 meter hingga mengundang perhatian masyarakat sekitarnya.
Semburan lumpur itu tidak menimbulkan bau belerang tapi tidak menyengat.
Bupati Grobogan Sri Sumarni yang datang ketempat kejadian meminta agar warga tidak menerobos masuk ke lokasi semburan.
Atas kejadian itu, pihaknya telah memerintahkan Dinas Lingkunvan Hidup segera berkoordinasi dengan Dinas ESDM Provinsi Jawa Tengah untuk penanganan lebih lanjut.
"Baru saja saya telpon ke Dinas ESDM Jateng. Infonya akan segera turun ke lapangan,’’ katanya.
Masyakat sekitar diminta berhati-hati, dan jangan mendekat dengan lokasi semburan. Sebab nanti akan ada kajian lebih mendalam dari Dinas ESDM Jateng.
‘’Saya  takutnya kalau seperti Lapindo," ujarnya.
Hingga petang tadi lubang sumur itu masih menyemburkan lumpur hitam pekat. Untuk pengamanan kini di sekitar tempat kejadian dipasangi garis polisi. (syam/TN)

Semburan Lumpur Mirip Lapindo Muncul di Grobogan Semburan Lumpur Mirip Lapindo Muncul di Grobogan Reviewed by samsul huda on February 29, 2020 Rating: 5

No comments

Post AD