Penyidikan Ratusan Kasus Lama di KPK Tak Menutup Kemungkinan Dihentikan - GROBOGAN TOP NEWS

Penyidikan Ratusan Kasus Lama di KPK Tak Menutup Kemungkinan Dihentikan


GTOPNEWS.COM -  Wakil Ketua KPK Alexander Marwata menyatakan, tidak hanya 36 kasus yang dihentikan penyelidikannya. Lewat pertimbangan penyelidik dan deputi terkait serta keputusan pimpinan KPK, diperkirakan ada ratusan kasus yang akan bernasib sama.
"Kita akan minta penyelidik mengevaluasi 366 kasus yang masuk tahap penyelidikan dari tahun 2008. Kita minta dievaluasi terhadap proses penyelidikan yang masih terbuka. Tidak menutup kemungkinan nanti ada penyelidikan yang kita hentikan lagi," kata Alex saat jumpa pers di Gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat (21/2/2020).
Hal itu dilakukan KPK bukan tanpa sebab. Alex menjelaskan keputusan untuk menghentikan penyelidikan kasus oleh KPK agar memiliki kepastian hukum yang lebih kuat dan meringankan beban penyidik.
"Terutama untuk kasus yang sudah lima tahun ke atas kasusnya yang dievaluasi. Hal ini tidak semata untuk dihentikan, tapi ada pertimbangannya," ujarnya.
Tidak disebutkan potensi kasus lama yang dievaluasi untuk dihentikan. Alex beralasan hal itu adalah informasi internal lembaganya.
Alex mengatakan, alur dan prosedur penghentian penyelidikan kasus diawali dari usulan diajukan penyelidik yang ditindaklanjuti deputi penyelidik. Setelah pertimbangannya kuat, hal itu diajukan ke pimpinan KPK.
Nantinya Pimpinan KPK akan memutuskan persetujuan untuk dihentikan atau didisposisi menjadi penyelidikan terbuka dengan penerbitan sprinlidik atau surat perintah penyelidikan baru.
"Sebagian kasus dihentikan penyelidikan ini adalah penyelidikan tertutup yang kita lakukan dari hasil penyadapan. Hal itu kita tunggu lebih dari enam bulan tidak ada perkembangan baru. Tapi ada juga yang awalnya tertutup saat dijadikan penyelidikan terbuka jadi berhasil terungkap, seperti kasus Bengkalis," ucap Alex. (syam/TN)

Penyidikan Ratusan Kasus Lama di KPK Tak Menutup Kemungkinan Dihentikan Penyidikan Ratusan Kasus Lama di KPK Tak Menutup Kemungkinan Dihentikan Reviewed by samsul huda on February 22, 2020 Rating: 5

No comments

Post AD