Kementan Minta Pupuk Segera Disalurkan terkait Kelangkaan di Petani - GROBOGAN TOP NEWS

Kementan Minta Pupuk Segera Disalurkan terkait Kelangkaan di Petani


GTOPNEWS.COM - Kementerian Pertanian (Kementan) meminta pemerintah daerah segera mendistribusikan pupuk bersubsidi untuk petani. Hal ini untuk menepis isu kelangkaan pupuk yang dilakukan pihak – pihak yang ingin menyalahi aturan pendistribusian pupuk.
Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan Sarwo Edhy menegaskan, pupuk bersubsidi hanya diperuntukkan bagi petani yang tergabung dengan Kelompok Tani. Yang berhak mendapatkan hanya petani yang memiliki lahan maksimal 2 hektare (ha).
“Alokasi pupuk untuk daerah diberikan sesuai dengan e-RDKK yang diajukan. Kini pupuk tersedia, tinggal didistribusikan. Namun harus sesuai aturan jangan sampai isu ini dimanfaatkan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab,” kata Sarwo Edhy di Jakarta, Rabu (19/2/2020).
Sarwo menjelaskan, kebijakan e-RDKK semata untuk memperketat penyaluran pupuk bersubsidi. Sehingga tidak diselewengkan dan mencegah duplikasi penerima pupuk. Selain itu, untuk mendapatkan pupuk bersubsidi ini, para petani nantinya diharuskan memiliki kartu tani yang terintegrasi dalam RDKK.
“Kartu Tani berisi kuota yang sesuai dengan kebutuhan petani. Untuk jumlah kuota ini tergantung dari luas lahan yang dimiliki setiap petani. Tujuannya agar tepat sasaran,” ujarnya.
Sebelumnya di Grobogan, Jateng, terjadi kelangkaan pupuk bersubsidi di tingkat petani. Tetapi anehnya pupuk itu tersedia banyak di tingkat pengecer. Namun harganya melambung tinggi di atas HET. (syam/TN)

Kementan Minta Pupuk Segera Disalurkan terkait Kelangkaan di Petani Kementan Minta Pupuk Segera Disalurkan terkait Kelangkaan di Petani Reviewed by samsul huda on February 19, 2020 Rating: 5

No comments

Post AD