Menkum HAM Bantah Pasang Badan untuk Lindungi Harun Masiku - GROBOGAN TOP NEWS

Menkum HAM Bantah Pasang Badan untuk Lindungi Harun Masiku


GTOPNEWS.COM - Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna H. Laoly menegaskan, bahwa pihaknya tidak mungkin pasang badan untuk melindungi tersangka Harun Masiku, yang kini buron. Meskipun Harun merupakan kader PDI Perjuangan.
Untuk menepis anggapan itu, Yasonna membentuk tim independen. Tim tersebut merupakan tindak lanjut yang dilakukan Menkum HAM Yasonna usai dirinya mencopot Direktur Jenderal Imigrasi Ronny F Sompie.
Tim itu bertugas menyelidiki penyebab terjadinya kesalahan informasi mengenai kedatangan Harun di Indonesia usai mengunjungi Singapura.
"Saya mau supaya semua ini betul-betul transparan. Saya enggak suka ada orang berasumsi seolah-olah saya melindungi, " kata Menteri Yasonna di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (30/1/2020).
Yasonna menegaskan dirinya tidak mungkin melakukam tindakan bodoh dengan memilih melindungi Harun Masiku yang telah masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) KPK.
"Saya kira intelektualitas saya bukan seperti itu tololnya. Saya tak ingin melakukan harakiri politik, saya kira hanya soal-soal begitu, terlalu tolol saya. Saya pikir saya tidak setolol itu, enggak sampe segininya," ujar Yasonna.
Sebelumnya, Yasonna bahkan mengaku siap mundur jika hasil temuan tim independen justru menyatakan tidak ada kesalahan yang dilakukan Ronny.
Jika tidak ada kesalahan, nantinya Ronny memiliki kemungkinan kembali menjabat di Ditjen Imigrasi.
"Ya orang enggak salah gimana? Kalau enggak salah, saya yang mundur dari menteri karena saya yakin (Ronny) salah," tegas Yasonna. (syam/TN)


Menkum HAM Bantah Pasang Badan untuk Lindungi Harun Masiku Menkum HAM Bantah Pasang Badan untuk Lindungi Harun Masiku Reviewed by samsul huda on January 30, 2020 Rating: 5

No comments

Post AD