Pupuk di Grobogan Langka - GROBOGAN TOP NEWS

Pupuk di Grobogan Langka


GROBOGAN (TopNews.Com) – Pupuk Urea di Kabupaten Grobogan langka. Padahal petani saatnya membutuhkan pupuk dalam jumlah besar untuk memupuk tanaman padinya. 
Saat ini memang petani di Grobogan baru mulai tanam padi musim tanam (MT) 1/2019  . Tanam padi di daerah itu, mundur dari yang dijadwalkan yaitu Oktober 2019. Sebab air Kedungombo digelontorkan untuk kepentingan tanam padi Bulan November 2019.
Namun saatnya tanam, kini mereka disulitkan dengan tidak tersedianya pupuk di kelompok tani. Padahal beberapa bulan sebelumnya Dinas Pertanian Grobogan menyatakan, bahwa pupuk untuk tanam padi MT 1/ 2019 tersedia cukup. Bahkan kebutuhan petani terhadap pupuk itu, dipastikan terpenuhi.
Beberapa petani di daerah itu membenarkan, bahwa pupuk urea sulit didapat di kelompok tani. Padahal saat ini tengah ramai-ramainya pupuk tersebut mereka cari untuk memupuk tanaman padinya.
Tidak diketahui mengapa pupuk itu tiba-tiba menghilang dari kelompok tani.  ‘’Beberapa minggu lalau pupuk sudah sulit didapat di kelompok tani,’’ kata Kelompok Tani Makmur IV Dimoro (Toroh) Sarjono di Purwodadi, Minggu (14/12/2019).
Ia mengatakan, petani terpaksa membeli pupuk dari pedagang pengecer, meski dengan harga di atas harga eceran tertinggi (HET).  
Harga urea di kelompok tani 1 sak pupuk Rp 95.000. Tetapi di tingkat pedagang eceran harganya naik menjadi Rp 125.000 – Rp 130.000/sak. Padahal HET yang ditetapkan pemerintah Rp 95.000/sak.
Kepala Dinas Pertanian Grobogan Edhie Sudaryanto mengaku telah memerintahkan Kepala UPTD Pertanian di beberapa kecamatan mengecek langkanya pupuk itu di tingkat kelompok tani.
Sebelumnya Bupati Grobogan Sri Sumarni menegaskan, para petani tidak perlu khawatir mengalami kesulitan dalam mendapatkan pupuk bersubsidi. Soalnya, alokasi pupuk yang didapat pada tahun 2019 dinilai mencukupi.
Bupati menegaskan hal itu saat rakor Komisi Pengawasan Pupuk dan Pestisida (KP3) Grobogan di Gedung Riptaloka, beberapa bulan lalu. (syam/TN)

Pupuk di Grobogan Langka Pupuk di Grobogan Langka Reviewed by samsul huda on December 14, 2019 Rating: 5

No comments

Post AD