Jaksa Agung Burhanuddin Keluar Dari Komisaris Utama PT Hutama Karya - GROBOGAN TOP NEWS

Jaksa Agung Burhanuddin Keluar Dari Komisaris Utama PT Hutama Karya


GTOPNEWS.COM – Jaksa Agung ST Burhanuddin mulai masuk kerja memimpin beberapa jaksa agung muda dan jajarannya di Kejagung. Ia telah dilantik Presiden Jokowi sebagai Jaksa Agung dalam Kabinet Indonesia Maju (KIM) periode 2019-2024. Jaksa Agung Burhanuddin akan menggantikan Muhammad Prasetyo. Hinga kemarin sertijab penggantian jaksa agung belum terlaksana, karena Bagian Umum Kejagung bekum dapat konfirmasi dari Jaksa Agung lama Muhammad Prasetyo.
Burhanuddin merupakan jaksa agung yang berasal dari kalangan internal Korps Adhyaksa. Empat tahun lalu, dia memegang jabatan jaksa agung muda bidang perdata. Berbeda dengan pendahulunya, Prasetyo yang berasal dari kader Partai Nasdem. Burhanuddin diketahui memulai kariernya di lingkungan kejaksaan pada tahun 1989 sebagai staf Kejaksaan Tinggi Jambi.
Ia meraih gelar sarjana hukum di Universitas Diponegoro tahun 1980, magister hukum di Universitas Indonesia pada 2002, dan gelar doktor di bidang hukum pada 2006.
Sepanjang kariernya, ia juga pernah menjabat sebagai Kepala Kejaksaan Tinggi Kejati Maluku Utara, Kepala Kejaksaan Tinggi Kejati Sulsel, hingga Jaksa Agung Muda Perdata dan Tata Usaha Negara (Jamdatun).
Setelah dari lingkungan kejaksaan, pria kelahiran Cirebon, 17 Juli 1959 ini ditunjuk Kementerian BUMN menjadi Komisaris Utama PT Hutama Karya yang bergerak di bidang konstruksi dan penyedia jalan tol. Burhanuddin menjabat sebagai komisaris utama berdasarkan Surat Keputusan Menteri Negara BUMN No. SK-132/MBU/8/2015 pada tanggal 4 Agustus 2015.
Kepala Pusat Penerangan Kejaksaan Agung Mukri mengatakan, Burhanuddin otomatis mundur dari jabatannya sebagai Komisaris Utama PT Hutama Karya setelah jadi Jaksa Agung.
Pengumuman jajaran kabinet dilakukan tiga hari setelah Jokowi-Ma'ruf Amin dilantik sebagai presiden di Gedung DPR/MPR kemarin, Minggu (20/10/2019). Sebelumnya, Jokowi telah memanggil calon menteri ke Istana Kepresidenan selama dua hari, Senin hingga Selasa (21-22/10).
Sejumlah orang yang dipanggil ke Istana Kepresidenan diketahui ada yang berasal dari partai politik, ada juga yang berasal dari kalangan profesional. (syam/TN)

Jaksa Agung Burhanuddin Keluar Dari Komisaris Utama PT Hutama Karya Jaksa Agung Burhanuddin Keluar Dari Komisaris Utama PT Hutama Karya Reviewed by samsul huda on October 25, 2019 Rating: 5

No comments

Post AD