Hujan Mulai Turun di Grobogan, Elevasi Kedungombo Masih di Bawah Ambang Batas - GROBOGAN TOP NEWS

Hujan Mulai Turun di Grobogan, Elevasi Kedungombo Masih di Bawah Ambang Batas


GROBOGAN (TopNews.Com)  - Hujan mulai turun di Grobogan (Jateng). Meski tidak deras dan merata sampai 280 desa di daerah itu.
Beberapa warga Grobogan mengatakan, hujan itu belum dapat dikatagorikan sebagai hujan untuk pembasahan sawah. Karena tidak berlangsung lama. Itupun tidak deras.
 ‘’Tapi lumayan untuk menekan rasa gerah akibat panas yang mencapai 38 derajat,’’ kata Partono, petani Toroh, Selasa (22/10/2019).
Ia mengatakan, hujan yang turun itu, belum dapat untuk pembasahan lahan pertanian di daerah irigasi teknis maupun nonteknis (tadah hujan). Sebab belum tergolong deras dan lama. Sehingga sangat mengkhawatirkan bila digunakan untuk tanam jagung.
Dikatakan, saat ini lahan pertanian di Grobogan sekitar 90 persen bero (tanpa tanaman) akibat kekeringan yang berkepanjangan. Kekeringan itu makin parah ketika Waduk Kedungombo batal digelontorkan untuk persiapan tanam padi musim tanam (MT) 1 Oktober-Maret (Okmar).
‘’Saya baca di media online, Kedungombo akan dibuka 1 Nopember 2019,’’ ujarnya. Menurutnya, akibat mundurnya penggelontoran Kedungombo itu, menyebabkan tanam padi MT 1 juga mundur. Masa panenpun dipastikan mundur.
Sekretaris Dinas PUPR Grobogan Wahyu Tri Darmawan mengatakan, ada hujan atau tidak, Kedungombo tetap dibuka 1 Nopember 2019. Meskipun elevasinya di bawah ambang batas, yaitu tinggal 79 meter.
‘’Sampai saat ini kesepakatan untuk digelontorkan 1 Nopember 2019 tidak ada tanda-tanda diubah. Jadi Kedungombo tetap digelontorkan untuk persiapan tanam padi MT 1,’’ ujarnya. (syam/TN)

Hujan Mulai Turun di Grobogan, Elevasi Kedungombo Masih di Bawah Ambang Batas Hujan Mulai Turun di Grobogan, Elevasi Kedungombo Masih di Bawah Ambang Batas Reviewed by samsul huda on October 22, 2019 Rating: 5

No comments

Post AD