Anak Tersangka Rizal Diperiksa KPK dalam Kasus Suap Proyek SPAM Kementerian PUPR - GROBOGAN TOP NEWS

Anak Tersangka Rizal Diperiksa KPK dalam Kasus Suap Proyek SPAM Kementerian PUPR


GTOPNEWS.COM - Dipo Nurhadi Ilham, anak tersangka Rizal Djalil (anggota BPK) dipanggil penyidik KPK untuk diperiksa dalam kasus dugaan suap proyek pembangunan sistem penyediaan air minum (SPAM) di Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR .
Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan,  Dipo diduga mengetahui aliran dana suap dari proyek itu. Maka yang bersangkutan dicecar penyidik KPK soal dugaan aliran uang suap yang diterima ayahnya.
"Salah satu saksi yang kami dalami adalah anak dari tersangka Rizal. Dia kami klarifikasi beberapa hal terkait pengetahuannya tentang aliran dana pada tersangka," kata Febri di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Kamis (3/10/2019). 
Penyidik KPK juga memeriksa tiga orang saksi untuk tersangka Komisaris PT Minarta Dutahutama (MD) Leonardo Jusminta Prasetyo (LJP). Dalam hal ini, penyidik  mencari tahu sejauh mana pengetahuan saksi terkait pemberian suap antara kedua tersangka. 
"Penyidik mendalami pengetahuan para saksi ini terkait dugaan aliran dana, proses pemberian atau juga komunikasi-komunikasi mengenai aliran dana antara LJP ke RIZ," ujar Febri.
Kasus ini berawal dari OTT di Jakarta. Dalam pengembangan penyidikan, KPK menetapkan dua tersangka baru, yakni Rizal dan Leonardo.
Rizal diduga mengatur agar PT MD mendapatkan proyek SPAM, proyek Jaringan Distribusi Utama (JDU) Hungaria dengan pagu anggaran Rp 79,27 miliar di Dirjn Cipta Karya Kementerian PUPR. 
Rizal diduga mendapat suap SGD 100 ribu. KPK awalnya menjerat 8 orang sebagai tersangka. Saat ini kedelapan orang itu divonis bersalah menerima suap dari proyek tersebut. (syam/TN)

Anak Tersangka Rizal Diperiksa KPK dalam Kasus Suap Proyek SPAM Kementerian PUPR Anak Tersangka Rizal Diperiksa KPK dalam Kasus Suap Proyek SPAM Kementerian PUPR   Reviewed by samsul huda on October 03, 2019 Rating: 5

No comments

Post AD