KPK Duga Dirut Perum Perindo Terima Suap Lain dari Importir Ikan - GROBOGAN TOP NEWS

KPK Duga Dirut Perum Perindo Terima Suap Lain dari Importir Ikan


GTOPNEWS.COM -   KPK mendapatkan informasi, bahwa Direktur Utama (Dirut) Perum Perikanan Indonesia (Perindo) Risyanto Suanda menerima suap dari importir ikan jenis lain.
Demikian dikatakan Wakil Ketua KPK Saut Situmorang ketika konferensi pers di Gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa (24/9/2019) malam.
Saut mengatakan, dari OTT di Bogor dan Jakarta, Dirut  Perum Perindo Risyanto Suanda itu, diduga menerima suap USD 30.000 atau setara  uang rupiah senilai Rp 400 juta lebih dari Direktur PT Navy Arsa Sejahtera (PT NSA) Mujib Mustofa selaku importir. Uang tersebut diterima sebagai fee dari kuota impor ikan jenis Salma.
"Itu OTT Bogor. Tetapi dari hasil penyidikan, saat ini KPK mulai mendalami dugaan penerimaan sebelumnya dari perusahaan importir lain yaitu sebesar USD 30.000, SGD 30.000, dan SGD 50.000u," kata Saut.  
Ia menjelaskan, bahwa Dirut Perindo Risyanto diduga kongkalikong dengan Mujib karena PT NSA sudah masuk daftar hitam sejak tahun 2009 akibat melebihi kuota impor. Namun Mujib melakukan pendekatan dengan dirut itu, sehingga terjadilah kongkalikong tersebut.
Perusahaan itu merupakan salah satu importir ikan yang digandeng Perum Perindo sebagai BUMN yang memiliki hak untuk melakukan impor ikan. 
Dari 9 orang yang ditangkap KPK melalui OTT di Bogor dan Jakarta, 3 di antaranya merupakan direksi Perum Perindo. Lainnya adalah karyawan dan pihak swasta (importir). Setelah diperiksa belasan jam di KPK, hanya Risyanto dan Mujib yang ditetapkan sebagai tersangka penerima suap dan pemberi suap. (syam/TN)




KPK Duga Dirut Perum Perindo Terima Suap Lain dari Importir Ikan KPK Duga Dirut Perum Perindo Terima Suap Lain dari Importir Ikan Reviewed by samsul huda on September 24, 2019 Rating: 5

No comments

Post AD