Basaria Nyatakan Pimpin KPK Hingga Desember 2019 - GROBOGAN TOP NEWS

Basaria Nyatakan Pimpin KPK Hingga Desember 2019


GTOPNEWS.COM - Wakil Ketua (KPK) Basaria Panjaitan menyatakan, bahwa pihaknya akan melanjutkan masa jabatannya sampai Desember 2019.
"Saya akan lanjutkan sampai selesai, dan saya harus tanggung jawab sesuai batas waktu sebagai komisioner KPK," kata Basaria di Jakarta,  Sabtu (14/9/2019).
Semenjtara itu, dua komisioner KPK yang lain Agus Rahardjo dan Laode M. Syarief menyerahkan tanggung jawab pengelolaan KPK kepada Presiden Joko Widodo.
Satu lagi Saut Situmorang, menyatakan mundur dari jabatannya di KPK.
Langkah Saut kemudian diikuti penasihat KPK Mohammad Tsani Annafari. Ia juga menyatakan akan mundur dari posisinya di KPK.
Mereka memutuskan itu karena 56 anggota Komisi III (Komisi Hukum) DPR sepakat memilih Inspektur Jenderal Firli Bahuri sebagai Ketua KPK periode 2019-2023. Bahkan DPR sepakat menunjuk Firli sebagai ketua KPK periode 2019-2013 meski pimpinan KPK dan masyarakat sipil lainnya menolak berat.
Anggota Komisi III itu bersepakat memilih lima dari sepuluh calon pimpinan KPK secara voting, bukan musyawarah. Lima nama itu Alexander Marwata, Lili Pintauli Siregar, Nurul Ghufron, Nawawi Pomolango, dan Firli. Dalam pemilihan ini, mendaoatan suara terbanyak, 56 suara, sehinga berhak menduduki jabatan sebagai ketua KPK.
Ketua KPK Agus Rahardjo mengatakan, pimpinan merasa tak dilibatkan dalam pembahasan revisi UU KPK yang saat ini tengah digodok. Dan Komisi III memutuskan merevisi tanpa melalui prosedur legislasi. (syam/TN)

Basaria Nyatakan Pimpin KPK Hingga Desember 2019 Basaria Nyatakan Pimpin KPK Hingga Desember 2019 Reviewed by samsul huda on September 15, 2019 Rating: 5

No comments

Post AD