Mendag: Importir Bawang Putih yang Ditangkap KPK Bodoh, Buang-buang Duit - GROBOGAN TOP NEWS

Mendag: Importir Bawang Putih yang Ditangkap KPK Bodoh, Buang-buang Duit


GTOPNEWS.COM  -  Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita menilai, bahwa pihak swasta yang ditangkap KPK dalam kasus suap impor bawang putih bodoh. Sebab untuk mencari izin impor tidak perlu perantara. Tetapi hanya hanya perlu mengikuti aturan yang berlaku untuk mendapatkan persetujuan impor.

"Bodoh benar pihak swasta itu. Ngapain main perantara. Bodoh, sebodoh-bodohnya dia. Kecuali dia tidak melaksanakan semua aturannya. Tapi kalau dia melaksanakan aturan, ya ngapain buang-buang duit untuk itu," kata Enggar di rumah duka Cosmas Batubara, Jl Cidurian, Cikini, Jakarta Pusat, Jumat (9/8/2019). 
Enggar juga menegaskan tak akan memberi persetujuan impor kepada perusahaan yang terlibat kasus korupsi. Kecuali, sebut Enggar, ada surat dari penegak hukum yang menyatakan perusahaan tersebut sudah bersih.
"Setiap perusahaan yang terkena kasus KPK, Bareskrim, nggak ada saya kasih izin, nggak ada," tegasnya. 
Terkait kasus dugaan suap impor bawang putih, Enggar menyatakan mendukung setiap langkah KPK. Dia memastikan pihaknya akan kooperatif dengan KPK.
"Jadi apa pun yang dibutuhkan KPK, kita dukung. Saya pasti, kita dukung. Kita mau tertib," kata Enggar.
KPK telah menetapkan pemilik PT Cahaya Sakti Agro (PT CSA) Chandry Suanda sebagai tersangka kasus dugaan suap terkait impor bawang putih. Chandry diduga menyuap anggota Komisi IV DPR I Nyoman Dhamantra dengan uang Rp 2 miliar. Dalam kasus ini KPK menyota uang 50.000 dolar Amirika dari tangan Mirawati Basri, orang kepercayaan Nyoman dan bukti transfer Rp  miliar ke Nyoman. 
PT Cahaya Sakti ingin impor bawang putih 20.000 ton. Fee untuk itu, Nyoman minta Rp 3,6 miliar. Dan setiap kilogram bawang impor yang didatangkan dia minta Rp 1.700-Rp 1.800. (syam/TN)



Mendag: Importir Bawang Putih yang Ditangkap KPK Bodoh, Buang-buang Duit Mendag:  Importir Bawang Putih yang Ditangkap KPK Bodoh, Buang-buang Duit Reviewed by samsul huda on August 09, 2019 Rating: 5

No comments

Post AD