Laporan Pemilihan Rektor Berbahu Korupsi Banyak Masuk ke KPK - GROBOGAN TOP NEWS

Laporan Pemilihan Rektor Berbahu Korupsi Banyak Masuk ke KPK


GTOPNEWS.COM - Wakil Ketua KPK Laode Muhammad Syarif mengatakan bahwa pihaknya menerima banyak laporan mengenai pemilihan rektor yang berbahu korupsi. Benar tidaknya perlu diklarifikasi.
"Mengenai lapoeran itu memang perlu diklarifikasi lagi biar lebih jelas," kata Syarif seusai acara Koordinasi Implementasi Pendidikan Antikorupsi di Perguruan Tinggi di Gedung Pusat Edukasi Antikorupsi KPK, Jakarta Selatan, Rabu (15/5/2019).
Menurut dia, potensi korupsi pemilihan rektor itu bisa terjadi baik perguruan tinggi di bawah Kemenristekdikti maupun Kementerian Agama.  Dalam pemilihan rektor di Kemenristekdikti ada kuota suara untuk menteri 30 persen.
‘’Quota ini bisa saja disalahgunakan," ujarnya. Terkait dengan hal itu, katanya, KPK telah melakukan banyak hal. Salah satunya menjalin kerja sama mengendalikan konflik kepentingan di perguruan tinggi. KPK juga memberikan pendidikan antikorupsi di perguruan tinggi dan memperbaiki tata kelola perguruan tinggi itu sendiri. 
"Salah satunya adalah tentang bagaimana memperbaiki sistem pemilihan rector," jelas Laode.
Ia mengatakan, khusus untuk pemilihan rektor, KPK benar-benar sangat memperhatikan dan sudah membahasnya dengan Menristekdikti Mohamad Nasir. 
"Kami berharap tidak akan ada lagi ke depan," kata Laode. Kasus jual beli jabatan rektor mengemuka dalam kasus suap bekas eks Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurmuzy ( Romy). Nama Rektor UIN Jakarta Amany Lubis sempat disebut-sebut dalam kasus jual beli jabatan saat pemilihan rektor periode 2019-2023.
Amany membantah bahwa untuk meraih jabatan itu telah terjadi politik uang.
Romy awalnya terjerat kasus jual beli jabatan di Kemenag. Ia terjaring OTT bersama Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Jawa Timur Haris Hasanuddin dan Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gresik, Muhammad Muafaq Wirahadi.
Dalam perkembangannya kasus jual beli jabatan di Kemenag itu, melebar ke sejumlah pemilihan rektor di kalangan UIN. Bahkan sebelum puasa hal itu sempat mengemuka di diskusi ILC TVONE. (syam/TN)

Laporan Pemilihan Rektor Berbahu Korupsi Banyak Masuk ke KPK Laporan Pemilihan Rektor Berbahu Korupsi Banyak Masuk ke KPK   Reviewed by samsul huda on May 15, 2019 Rating: 5

No comments

Post AD