KPK Awasi Proyek BUMN - GROBOGAN TOP NEWS

KPK Awasi Proyek BUMN




GTOPNEWS.COM - Ketua KPK  Agus Rahardjo mengatakan, bahwa pihaknya masih terus memantau gerak-gerik pejabat BUMN terkait dugaan tindak pidana korupsi (Tipikor). Ia mengatakan hal itu dalam seminar Auditors Talk  bertema "Bersama Menciptakan BUMN bersih melalui SPI yang tangguh dan terpercaya" di Gedung KPK, Kamis (9/5/2019).
Hadir dalam acara itu, Menteri BUMN Rini Soemarno., Ketua KPK Agus mengatakan, saat ini terdapat sejumlah perusahaan BUMN yang dipantau pihaknya secara khusus. Sebab mereka masih melakukan pelanggaran dalam mengelola anggaran proyek.
Peringatan ini, menurutnya, bukan main-main dan bukan bermaksud menakut-nakuti. Ia sampaikan hal ini supaya jajaran Kementerian BUMN mengetahui. Hal ini bukan menakut-nakuti.  Bahkan hari ini kata Ketua KPK Agus, monitoring masih berjalan untuk beberapa BUMN.
Agus mengatakan sejumlah perusahaan BUMN sampai saat ini masih belum memperbaiki sistem, budaya dan mindset-nya.
Perubahan seharusnya dilakukan dengan penuh kesadaran dan tanggung jawab. Apalagi, BUMN memiliki aset sekitar Rp 8.000 triliun dengan omzet sekitar Rp 2.800 triliun atau lebih besar daripada APBN. 
Menurut Agus, KPK juga sudah melakukan penindakan beberapa pejabat di perusahaan BUMN yang terindikasi korupsi. Dia mengingatkan kembali agar pejabat-pejabat lain tak tersandung kasus korupsi. 
"Kami mohon maaf Bu Menteri terpaksa harus melakukan penindakan kepada beberapa BUMN, misalkan, masih ada yang melakukan kontrak fiktif. Sampai hari ini masih ada," ujar Agus.
KPK berharap dalam aspek penindakan ada upaya penguatan peran dan sistem pengawasan di lingkungan BUMN yang dapat menekan tingkat korupsi di BUMN. (syam/TN)

KPK Awasi Proyek BUMN KPK Awasi Proyek BUMN Reviewed by samsul huda on May 09, 2019 Rating: 5

No comments

Post AD