KPK Geledah Kantor Waskita dan Adhi Karya Terkait Kasus Korupsi Pembangunan Gedung IPDN - GROBOGAN TOP NEWS

KPK Geledah Kantor Waskita dan Adhi Karya Terkait Kasus Korupsi Pembangunan Gedung IPDN





GTOPNEWS.COM - Kantor PT Waskita Karya dan PT Adhi Karya di Jakarta digeledah KPK. Penggeledahan itu, terkait kasus korupsi proyek pembangunan gedung IPDN di Gowa (Sulawesi Selatan) dan Minahasa (Sulawesi Utara).
Penyidik menduga terdapat bukti-bukti terkait proyek pembangunan kampus IPDN. Dari dua kantor itu, disita sejumlah dokumen dan bukti elektronik dalam bentuk CD.
‘’Barang ini kami pandang mendukung pembuktian perkara pokok," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di kantornya Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu (13/3/2019).
Penggeledahan berlangsung Selasa (12/3/2019) dari  pukul 14.00 WIB hingga malam. Febri mengataan, dokumen yang disita akan digunakan untuk bahan penyidikan dan di-cross check lewat pemeriksaan saksi-saksi.
Dalam kasus ini, KPK telah menetapkan tiga orang sebagai tersangka. Mereka adalah mantan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pusat Administrasi Keuangan dan Pengelolaan Aset Sekretariat Jenderal Kemendagri Dudy Jocom, Kepala Divisi Gedung PT Waskita Karya Adi Wibowo, dan Kepala Divisi Konstruksi VI PT Adhi Karya Dono Purwoko.
KPK menduga ada kesepakatan pembagian pekerjaan antara PT Waskita Karya dan PT Adhi Karya yang dilakukan sebelum lelang. Dudy diduga meminta fee sebesar 7 persen atas pembagian pekerjaan ini.
Dudy kemudian diduga meminta pembuatan berita acara serah terima pekerjaan 100 persen pada 2011 agar dana bisa dicairkan. Padahal pekerjaan belum selesai.
Wakil Ketua KPK Alexander Marwata mengatakan, dari dua proyek itu, diduga negara mengalami kerugian Rp 21 miliar dihitung dari kekurangan volume pekerjaan pada dua proyek tersebut. Proyek pembangunan kampus IPDN Sulawesi Selatan Rp 11,18 miliar dan Sulawesi Utara Rp 9,3 miliar. (syam/TN)

KPK Geledah Kantor Waskita dan Adhi Karya Terkait Kasus Korupsi Pembangunan Gedung IPDN KPK Geledah Kantor Waskita dan Adhi Karya Terkait Kasus Korupsi Pembangunan Gedung IPDN Reviewed by samsul huda on March 13, 2019 Rating: 5

No comments

Post AD