Progres Pembangunan Pabrik Semen di Sugihmanik Grobogan Capai 35 Persen - GROBOGAN TOP NEWS

Progres Pembangunan Pabrik Semen di Sugihmanik Grobogan Capai 35 Persen



 GROBOGAN (GTopNews.Com) – Progres pembangunan pabrik semen PT Grobogan Semen di Desa Sugihmanik, Kecamatan Tanggungharjo, Kabupaten Grobogan, Jateng, telah mencapai 35 persen.  Progres itu sepenuhnya direalisasikan untuk pengerjaan kontruksi di lahan tapak pabrik seluas 53 hektare.
‘’Sampai tutup tahun 2018 ini, progres pembangunan pabrik itu,  baru mencapai 35 persen,’’ kata General Manajer PT Semen Grobogan Tonny Santoso di Purwodadi, kemarin.
Ia mengatakan, realisasi pembangunan pabrik itu, baru berjalan Januari 2018. Meski izin lingkungan dari Bupati Grobogan terbit sejak 30 Juni 2016.
Pabrik tersebut berdiri di atas tanah penduduk Desa Sugihmanik dan Kaliwenang, Kecamatan Tanggungharjo seluas 53 hektare. Tanah tersebut sudah dibebaskan sejak belasan tahun silam.
 Secara teknis tanah seluas 53 hektare itu, disebutnya sebagai tapak pabrik. Tonny mengatakan, PT Semen Grobogan tidak kerja sama dengan investor asing maupun dalam negeri.
‘’Biaya pembangunan mutlak dari PT Semen Grobogan,’’ jelas Tonny. Hanya saja kontrak kerja bangunan fisiknya sepenuhnya dikerjakan kontraktor Cina. Sesuai perjanjian kontrak kerja, pabrik berskala nasional ini akan diselesaikan dalam kurun waktu 2,5 tahun.
Rencananya tahun 2020 pabrik itu sudah beroperasi dengan kapasitas produksi 5 juta ton/tahun.
Tonny mengatakan, nilai investasi untuk itu mencapai 300 juta US Dollar. Ditanya mengapa pembangunan fisiknya diserahkan ke kontraktor Cina dikatakan, bahwa kontraktor dalam negeri tidak ada yang sanggup mengerjakan pabrik semen secara utuh, yaitu lengkap dengan sarana dan prasananya, termasuk jalan distribusi dari Sugihmanik ke Desa Daplang, Kecamatan Tegowanu.   
‘’BUMN dalam negeri juga sudah ditawari, tetapi tidak ada yang sanggup. Bahkan ketika pendaftaran lelang dibuka, BUMN dan kontraktor dalam negeri tidak ada yang minat,’’ ujar Tonny. (syam/TN)

Progres Pembangunan Pabrik Semen di Sugihmanik Grobogan Capai 35 Persen Progres Pembangunan Pabrik Semen di Sugihmanik Grobogan Capai 35 Persen   Reviewed by samsul huda on January 03, 2019 Rating: 5

1 comment

  1. Semoga membawa kemakmuran masyarakat sekitar di daerah yang relatif marginal tsb
    Amin

    ReplyDelete

Post AD