Direktur PDAM Grobogan Bambang Pulunggono: Air Keruh Akibat Pipa Distribusi Kotor - GROBOGAN TOP NEWS

Direktur PDAM Grobogan Bambang Pulunggono: Air Keruh Akibat Pipa Distribusi Kotor


GROBOGAN (GTopNews.Com) – Direktur PDAM Purwodadi, Grobogan (Jateng) Bambang Pulunggono mengaku telah membenahi fasilitas instalasi pengolahan air (IPA) perusahaannya dengan maksimal. Ia mengatakan, air yang dihasilkan dari pengolahan itu, sudah benar-benar dalam keadaan jernih. Bahkan menyerupai air mineral yang layak minum. Tetapi ketika sampai ke pelanggan, air tersebut dikeluhkan pelanggan akibat keruh.
‘’Kami menduga kekeruhan itu akibat pipa-pipa distribusi kotor,’’ kata Bambang di Purwodadi, Rabu (23/1/2019).
Ia mengatakan, bahan baku air dari Waduk Kedungombo diolah di IPA dengan standar pengolahan air bersih. Bahkan setiap hari selalu ditaburi obat sejenis tawas agar butir-butir lumpur tidak larut ke dalam pipa-pipa distribusi.
‘’Mantan Kajari Edi Handojo sempat mengecek keberadaan air di IPA Sambak. Malah beliau meminum langsung air IPA itu karena dalam keadaan jernih,’’ ujarnya.
Eks Kajari Grobogan itu, katanya ke IPA Sambak saat pengerjaan proyek pembangunan IPA baru tahun lalu. Menurut Bambang, pipa-pipa distribusi itu, sudah berumur tua karena terpasang puluhan tahun silam, sehingga banyak yang karatan dan ditebali lumpur. Itu sebabnya air yang didistribusikan sering didapati mengandung lumpur.
Sehubungan itu pihaknya mengusulkan ke Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR anggaran dana alokasi khusus (DAK) Rp 135 miliar untuk mengganti semua pipa distribusi.
‘’Usulan itu telah diterima Kementerian PUPR, dijanjikan cair tahun anggaran 2020,’’ jelasnya. (syam/TN)





Direktur PDAM Grobogan Bambang Pulunggono: Air Keruh Akibat Pipa Distribusi Kotor Direktur PDAM Grobogan Bambang Pulunggono: Air Keruh Akibat Pipa Distribusi Kotor   Reviewed by samsul huda on January 23, 2019 Rating: 5

No comments

Post AD