KPK Soroti Transaksi Bupati Irvan Rivano di Halaman Masjid Agung di Waktu Subuh - GROBOGAN TOP NEWS

KPK Soroti Transaksi Bupati Irvan Rivano di Halaman Masjid Agung di Waktu Subuh






GTOPNEWS.COM – Ada yang menarik dalam penyitaan uang Rp 1,5 miliar dalam operasi tangkap tangan (OTT) di Pemkab Cianjur, Jabar. Dalam OTT itu, Tim KPK tidak menemukan sejumlah uang tersebut di rumah dinas bupati maupun Kantor Dinas Pendidikan Cianjur. Tetapi ditemukan di dalam mobil Kepala Dinas Pendidikan Cianjur Cecep Sobandi yang terparkir di halaman Masjid Agung Cianjur di waktu subuh. Kini pemilihan lokasi dan waktu transaksi haram itu menjadi sorotan KPK.
"Bagi pelaku, memang modus itu sepertinya lebih pada pertimbangan di mana kenyamanan dan amannya mereka dalam bertransaksi," kata Wakil Ketua KPK Saut Situmorang di Jakarta, Jumat (14/12/2018).
Ia mengatakan, dengan transaksi pagi-pagi seperti itu, dikiranya aman. Karena segala sesuatunya bisa terkover. Dan dipilihnya tempat di depan masjid, juga dikiranya lebih aman karena habis subuh sudah dalam keadaan sepi.
Transaksi itu terjadi pada Rabu (12/12/2018). Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan mengatakan, saat itu, Cecep bertemu anak buahnya Kepala Bidang (Kabid) SMP Rasidin di halaman Masjid Agung Cianjur pukul 05.00 WIB selepas subuh.

Dari mobil Rosidin, uang Rp 1,5 miliar dalam pecahan Rp 100 ribu hingga Rp 20 ribu dalam kotak berpindah ke mobil Cecep. Uang itu diduga KPK berasal dari para kepala SMP yang mendapatkan proyek dari dana alokasi khusus (DAK) pendidikan. Dana tersebut dipangkas Bupati Cianjur Irvan Rivano Muchtar dan pejabat lainnya untuk kepentingan pribadi
"Indikasinya (transaksi) lebih satu kali, tapi nanti penyidik akan mengembangkannya lagi," ujar Saut.
Irvan, Cecep, dan Rosidin saat ini ditahan KPK. Termasuk kakak ipar Irvan bernama Tubagus Cepy Sethiady yang menyerahkan diri sehari setelah OTT di Cianjur.  Tubagus diduga berperan sebagai perantara bupati dengan pejabat Dinas Pendidikan.
Dalam perkara ini, Irvan diduga memeras kepala SMP di Cianjur terkait DAK pendidikan senilai Rp 46,8 miliar. Dana itu kemudian dipotong sebesar 14,5 persen oleh Irvan dan sejumlah pihak lainnya. Sementara itu, jatah untuk Irvan secara pribadi adalah 7 persen dari total DAK atau sekitar Rp 3,2 miliar. (syam/TN)

KPK Soroti Transaksi Bupati Irvan Rivano di Halaman Masjid Agung di Waktu Subuh KPK Soroti Transaksi Bupati Irvan Rivano di Halaman Masjid Agung di Waktu Subuh Reviewed by samsul huda on December 14, 2018 Rating: 5

No comments

Post AD