Hari Keempat: Korban Meninggal Tsunami Selat Sunda Tambah Jadi 430 Jiwa, 159 Hilang - GROBOGAN TOP NEWS

Hari Keempat: Korban Meninggal Tsunami Selat Sunda Tambah Jadi 430 Jiwa, 159 Hilang






GTOPNEWS.COM – Jumlah korban tewas akibat tsunami Selat Sunda di Pandeglang, Serang Banten dan Lampung bertambah jadi 430 orang. Demikian dikatakan Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho dalam konferensi pers di kantornya Jakarta, Rabu (26/12/2018).
Ia mengatakan, penambahan korban tewas itu, didapatkan dari laporan Tim Evakuasi di lapangan Rabu (26/12) pukul 13.00 WIB. Sehari sebelumnya jumlah korban meninggal dilaporkan 429 orang.
"Sampai hari keempat, tercatat 430 meninggal dunia, 1.495 korban luka, dan 159 orang masih hilang," kata Sutupo saat konferensi pers di kantornya, Jakarta, Rabu (26/12/2018) siang.
Adapun jumlah korban yang masih mengungsi mencapai 21 ribu orang. Sutopo mengakui gelombang pengungsi terus mengalami kenaikan. Karena adanya bakal terjadi tsunami susulan yang ditandai dengan naiknya air laut Selat Sunda.
Selain itu, katanya lebih lanjut, tambahan pengungsi karena adanya titik evakuasi yang berhasil ditata dan baru dilaporkan.
Sejauh ini Kabupaten Pandeglang di Banten jadi wilayah yang paling parah terdampak tsunami. Wilayah lain yang terdampak adalah Kabupaten Serang, Lampung Selatan, Tanggamus dan Pesawaran.
Tsunami di Selat Sunda dipicu longsor bawah laut akibat erupsi Gunung Anak Krakatau yang ada di tengah laut.
Tsunami datang tanpa peringatan dini dan tanda-tanda alam seperti surutnya air laut di pantai.
Sampai saat ini Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika terus mengimbau warga untuk tidak beraktivitas di kawasan pesisir terutama di Selat Sunda (syam/TN)

Hari Keempat: Korban Meninggal Tsunami Selat Sunda Tambah Jadi 430 Jiwa, 159 Hilang Hari Keempat: Korban Meninggal Tsunami Selat Sunda Tambah Jadi 430 Jiwa, 159 Hilang Reviewed by samsul huda on December 26, 2018 Rating: 5

No comments

Post AD