CEO Lippo Group James Riady 9 Jam Diperiksa KPK Terkait Suap Perizinan Proyek Meikarta - GROBOGAN TOP NEWS

CEO Lippo Group James Riady 9 Jam Diperiksa KPK Terkait Suap Perizinan Proyek Meikarta




TOPNEWS.COM - CEO Lippo Group James Riady mengaku kooperatif dalam menjalani pemeriksaan di KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa (30/10/018). Ia diperiksa terkait kasus suap perizinan proyek Meikarta, Cikarang, Bekasi, Jabar. James menjalani pemeriksaan kurang lebih 9 jam.

James tiba di KPK pukul 09.30 WIB, dan menjalani pemeriksaan hingga pukul 18.45 WIB, atau diperiksa selama 9 jam. "Selama sekian waktu saya telah menjawab 59 pertanyaan mencakupi segala hal dan saya memberikan semuanya itu dengan penuh kooperatif,"kata James di Gedung KPK, Jakarta Selatan, usai diperiksa Selasa (30/10/2018).

Wakil Ketua KPK Basaria Pandjaitan mengatakan penyidik KPK berupaya menelisik dugaan pertemuan James dengan Bupati Bekasi Neneng Hassanah Yasin. Dia juga menyebut pemeriksaan James termasuk penguatan keterangan saksi dan sangkaan kepada para tersangka.
"(Lalu) kemungkinan pengungkapan penyelidikan itu apakah ada sangkut pautnya, itu biasanya yang selalu dilakukan oleh penyidik, dalam hal ini James Riady, kalau dipanggil ke sini, Pak James ini kebetulan yang bersangkutan merupakan CEO dari Lippo, yang membawahi Meikarta tersebut, sudah barang tentu penyidik ingin mengetahui paling tidak apa beliau itu dalam kapasitas itu kewenangannya apa saja," ujar Basaria.

Nama James tertulis sebagai saksi untuk tersangka Billy Sindoro di jadwal pemeriksaan KPK. Namun menurut Kabiro Humas KPK Febri Diansyah sebelumnya, keterangan James diperlukan untuk sembilan orang tersangka.

Sembilan orang tersangka itu termasuk Bupati Neneng dan Billy, yang disebut sebagai Direktur Operasional Lippo Group. Para tersangka dari jajaran Pemkab Bekasi diduga menerima Rp 7 miliar terkait perizinan proyek Meikarta. Duit itu disebut sebagai bagian dari fee fase pertama yang bernilai total Rp 13 miliar. (syam/TN)


CEO Lippo Group James Riady 9 Jam Diperiksa KPK Terkait Suap Perizinan Proyek Meikarta CEO Lippo Group James Riady 9 Jam Diperiksa KPK Terkait Suap Perizinan Proyek  Meikarta Reviewed by samsul huda on October 30, 2018 Rating: 5

No comments

Post AD