Suap Bupati Labuhanbatu, KPK Identifikasi Penerimaan Lain di Sejumlah Proyek Pemkab - GROBOGAN TOP NEWS

Suap Bupati Labuhanbatu, KPK Identifikasi Penerimaan Lain di Sejumlah Proyek Pemkab




TOPNEWS.COM - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tengah mengidentifikasi penerimaan aliran dana lain terkait proyek di Pemkab Labuhanbatu, Provinsi Sumatera Utara (Sumut) yang menjerat Bupati Labuhanbatu nonaktif Pangonal Harahap. Pangonal diduga menerima suap sejumlah proyek di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Labuhanbatu, Sumut, Tahun Anggaran 2018.
Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan, Bupati Labuhanbatu nonaktif Pangonal Harahap diduga menerima uang suap sebesar Rp 40 miliar.
"KPK sedang melakukan identifikasi dugaan penerimaan lain terkait proyek-proyek di Labuhanbatu," kata Febri di Gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu (12/9/2018).
Ia mengatakan, Pangonal diduga mendapatlan uang suap lebih besar dari temuan awal penyidik KPK dalam operasi tangkap tangan (OTT) yang hanya berjumlah Rp 576 juta.
"Nilai ini berkembang jauh dari bukti awal yang disita KPK saat tangkap tangan dilakukan, yaitu bukti transfer Rp 576 juta," ujar Febri.
Ia kemudian memberikan peringatan kalau ada pihak -pihak yang telah mendapatkan aset atau uang dari tersangka Pangonal untuk melapor ke KPK.
"Jika ada pihak-pihak di Labuhanbatu atau Sumatera Utara secara umum ditawarkan aset yang terkait dengan tersangka PHH, agar berhati-hati dan segera menyampaikan Informasi pada KPK," tutup Febri
Pangonal Harahap disebut menerima uang Rp 576 juta. Uang itu merupakan pemenuhan dari permintaan Bupati Pangonal sekitar Rp 3 miliar dari pemilik PT Binivan Konstruksi Abadi, Effendy Sahputra terkait proyek-proyek di lingkungan Kabupaten Labuhanbatu, Sumut tahun anggaran 2018.
Pada sekitar bulan Juli 2018 diduga telah terjadi penyerahan cek sebesar Rp 1,5 miliar. Namun tidak berhasil dicairkan.
Diduga uang sebesar Rp 500 juta diberikan Effendy melalui Umar Ritonga dan seseorang berinisial AT kepada Bupati Labuhanbatu, Pangonal Harahap, yang bersumber dari pencairan dana pembayaran proyek pembangunan RSUD Rantau Prapat Kabupaten Labuhanbatu senilai Rp 23 miliar. (syam/TN)

Suap Bupati Labuhanbatu, KPK Identifikasi Penerimaan Lain di Sejumlah Proyek Pemkab Suap Bupati Labuhanbatu, KPK Identifikasi Penerimaan Lain di Sejumlah Proyek Pemkab Reviewed by samsul huda on September 12, 2018 Rating: 5

No comments

Post AD