Proyek Banjir Bantuan Gubernur Jateng Gagal Direalisasikan di Perumda Purwodadi - GROBOGAN TOP NEWS

Proyek Banjir Bantuan Gubernur Jateng Gagal Direalisasikan di Perumda Purwodadi


GROBOGAN (TopNews) – Proyek bantuan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo untuk atasi banjir di lingkungan perumahan daerah (Perumda) Purwodadi, Grobogan, gagal direalisasikan tahun anggaran 2018. Tidak diketahui mengapa proyek itu, gagal diwujudkan. Padahal sebelumnya Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) telah surve terkait elevasi pembuangan air hujan di lingkungan perumahan tersebut dan Jalan Gajah Mada.
Bahkan dinas itu, berjanji akan membuatkan polder di depan Balai RW 20 Perumda memanjang 20 meter dengan kontruksi beton. Sehingga kendaraan warga Perumda masih bisa lalu lalang di jalan tersebut.
Adalah mantan Kadinas PUPR Subiyono yang menjanjikan polder sebelum dia pensiun. Bahkan 1 Oktober 2017, dia telah memasang patok-patok sebagai titik tanda banjir di lingkungan Perumda dan saluran pembuangan Jalan Gajah Mada Purwodadi.
Sebelum itu, warga Perumda Purwodadi mendesak Gubernur Jateng Ganjar Pranowo  menata  dan menormalisasi saluran pembuangan di Jalan Gajah Mada Purwodadi. Sebab saluran pembuangan tersebut ditengarai sebagai penyebab kawasan Perumda banjir.
Selain dangkal, bangunan saluran pembuangan di depan pasar pagi kurang lebar dan kurang dalam. Bahkan beberapa di antaranya ditutup dengan bangunan rumah. Dan tidak sedikit pedagang kaki lima (PKL) berdiri di atas saluran tersebut.
Selain saluran Jalan Mada ini tak dapat membuang air hujan dengan cepat dan tuntas. Sebab di beberapa titik bagian barat banyak yang sudah tertutup tanah. Sehingga air hujan dari saluran Gajah Mada ini terbuang liar ke sawah-sawah petani. Padahal sawah-sawah tersebut telah digenangi banjir dari buangan bagian hulu.
Status saluran itu kini menjadi tanggungjawab Pemprov Jateng karena satu paket dengan status Jalan Gajah Mada Purwodadi. Itu sebabnya warga Perumda menyurati Gubernur Ganjar minta supaya saluran pembuangan tersebut diperbaiki dan dinormalisasi.
Gubernur Ganjar langsung memerintahkan Dinas Perumahan Rakyat dan Permukiman Jateng memperhatikan banjir yang melanda kawasan Perumda Purwodadi. Rencananya Gubernur Ganjar akan membantu dana untuk itu melalui anggaran bantuan provinsi. 
Belakangan Gubernur Ganjar menyurati Bupati Grobogan Sri Sumarni agar segera menangani penataan saluran pembuangan rumah tangga dan normalisasi saluran pembuangan Jalan Gajah Mada melalui APBD 2018. Namun entah karena apa, sampai September 2018, proyek itu, belum ada tanda-tanda turun.
Plt Kepala Dinas PUPR Grobogan Padmo belum memberikan jawaban ketika dikonfirmasi lewat WA. Sementara itu Sekretaris Dinas PUPR Grobogan Endang Sulistyoningsih mengatakan, sampai sekarang pihaknya belum menerima usulan mengenai proyek penataan saluran pembungan limbah rumah tangga Perumda dan normalisasi sauran Jalan Gajah Mada Purwodadi . (syam/TN)


Proyek Banjir Bantuan Gubernur Jateng Gagal Direalisasikan di Perumda Purwodadi Proyek Banjir Bantuan Gubernur Jateng Gagal Direalisasikan di Perumda Purwodadi Reviewed by samsul huda on September 18, 2018 Rating: 5

No comments

Post AD