KPK Usut Dugaan TPPU Gubernur Aceh - GROBOGAN TOP NEWS

KPK Usut Dugaan TPPU Gubernur Aceh



TOPNEWS.COM – Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah mengatakan, bahwa pihaknya tengah mengusut dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU) Gubernur Aceh nonaktif Irwandi Yusuf. Pengusutan itu dilakukan melalui model Fenny Steffy Burase sebagai panitia Aceh Internasional Marathon 2018.
‘’Diduga Irwandi menyamarkan uang suap yang diterimanya melalui Steffy Burase untuk ajang Aceh International Marathon,’’ kata Febri di Jakarta, Kamis (2/8/2018).
Ia mengatakan, bahwa KPK belum bicara tentang ada tidaknya tindak pidana pencucian uang (TPPU) dalam kasus itu. Tapi apakah memungkinkan dikembangkan, sepenuhnya hal tersebut tergantung bukti – bukti yang mengarah ke TPPU.
Namun kata Febri, sepanjang bukti cukup, penyidik akan mendalami dugaan penyamaran uang yang dilakukan Irwandi melalui Steffy Burase. Ppenyidik telah menyita sejumlah catatan penerimaan uang yang berkaitan dengan kegiatan Aceh Marathon itu.
"Ada sejumlah catatan penerimaan dana yang kami klarifikasi secara lebih rinci. Baik yang terkait dengan Aceh Marathon atau hal lain yang kami pandang masih relevan dengan proses ini. Aliran dana menjadi salah satu poin krusial yang menjadi perhatian KPK," ujar Febri.
Irwandi Yusuf menerima suap ijon proyek-proyek yang bersumber dari dana otonomi khusus Aceh sebesar Rp 500 juta. Uang itu diterima dari Bupati Bener Meriah Ahmadi. Oleh Irwandi, uang tersebut digunakan untuk membeli medali dan pakaian atlet dalam ajang Aceh International Marathon.
Steffy Burase ketika diperiksa KPK perdana, Rabu (8/7/2018), membenarkan pembelian medali untuk ajang Aceh Marathon itu, sebesar Rp 500 juta. Adapun untuk pakaian atlet Rp 400 juta. Menurut Steffy, total event tersebut memakan dana Rp 13 miliar. Steffy sendiri merupakan tenaga ahli dalam ajang tersebut.
Dalam kasus ini KPK menetapkan empat orang tersangka, yakni Gubernur Irwandi dan dua pihak swasta bernama Hendri Yuzal dan Teuku Syaiful Bahri. Ketiga ditetapkan tersangka sebagai pihak penerima suap dari tersangka Bupati Bener Meriah Ahmadi.Gubernur Irwandi, diduga menerima suap Rp 500 juta dari total fee Rp 1,5 miliar. (syam/TN)


KPK Usut Dugaan TPPU Gubernur Aceh KPK Usut Dugaan TPPU Gubernur Aceh Reviewed by samsul huda on August 03, 2018 Rating: 5

No comments

Post AD