Kasus Suap Dana Perimbangan Daerah RAPBN Perubahan 2018, KPK Panggil Bupati Kampar - GROBOGAN TOP NEWS

Kasus Suap Dana Perimbangan Daerah RAPBN Perubahan 2018, KPK Panggil Bupati Kampar




TOPNEWS.COM – Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)  memanggil Azis Zaenal, Bupati Kampar, Provinsi Riau
terkait kasus suap usulan dana perimbangan keuangan daerah pada RAPBN Perubahan 2018. Dia dipanggil untuk diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Amin Santono.
Demikian diungkapkan Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Selasa (7/8/2018). Ia mengatakan, KPK juga akan memanggil Biro Perjalanan Wisata Linda, untuk saksi dari tersangka yang sama. Tidak dijelaskan apa hubungannya biro travel itu, dengan kasus suap usulan dana perimbangan daerah tersebut.
Kasus ini diawali dari Operasi Tangkap Tangan (OTT) pada Mei 2018. Atas perkara ini, penyidik menetapkan empat orang tersangka.  Mereka adalah anggota Komisi XI DPR RI Amin Santono, Eka Kamaluddin (swasta-perantara), Yaya Purnomo (Kasi Pengembangan Pendanaan Kawasan Perumahan dan Pemukiman Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan Kemenkeu), dan Ahmad Ghiast (swasta).
Diduga Amin menerima Rp 400 juta dan Eka Kamaluddin menerima Rp 100 juta dari kontraktor Ahmad Ghiast melalui transfer. Penerimaan itu bagian dari 7 persen komitmen fee yang dijanjikan dari dua proyek di Pemkab Sumedang senilai Rp 25 miliar. Dari proyek tersebut, diduga komitmen feenya sebesar Rp 1,7 miliar.
Adalah proyek di Dinas Perumahan, kawasan permukiman dan pertanahan di Kabupaten Sumedang senilai Rp 4 miliar dan proyek Dinas PUPR Kab Sumedang senilai Rp 21,8 miliar. 
Dana suap diduga berasal dari kontraktor di lingkungan Pemkab Sumedang. Ahmad Ghiast diduga berperan sebagai kordinator dan pengepul dana untuk ‎memenuhi permintaan Amin Santono. Dari empat tersangka itu, baru Ahmad Ghiast yang kasusnya sudah diadili di Pengadilan Tipikor Jakarta. Sedangkan tiga tersangka lainnya masih proses penyidikan di KPK. (syam/TN)




Kasus Suap Dana Perimbangan Daerah RAPBN Perubahan 2018, KPK Panggil Bupati Kampar Kasus Suap Dana Perimbangan Daerah RAPBN Perubahan 2018, KPK Panggil Bupati Kampar Reviewed by samsul huda on August 07, 2018 Rating: 5

No comments

Post AD