Dini Hari NTB Diguncang Gempa 5,5 SR - GROBOGAN TOP NEWS

Dini Hari NTB Diguncang Gempa 5,5 SR


TOPNEWS.COM -  Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, bahwa Nusa Tenggara Barat (NTB) diguncang gempa berkekuatan 5,5 skala richer  (SR). Gempa berlokasi di Kabupaten Sumbawa Barat, NTB.
"Gempa tektonik itu terjadi Minggu 26 Agustus 2018 pukul 01.33 WIB, ‘’ kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono di Jakartam, Minggu (26/8/2018).
Ia mengatakan, hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki kekuatan M=5,6 kemudian dimutakhirkan menjadi M=5,5. Episenter gempa terletak pada koordinat 8,53 LS dan 116,93 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 25 km arah utara Kota Taliwang, Kabupaten Sumbawa Barat, Propinsi Nusa Tenggara Barat pada kedalaman 11 km.
Triyono mengatakan, gempa itu, masuk dalam kategori gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar naik Flores. Gempa dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan pergerakan struktur sesa naik (Thrust Fault).
Dengan memperhatikan lokasi episenter, katanya, kedalaman hiposenter dan mekanisme sumbernya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar naik Flores (Flores Back Arc Thrust).
Gempa kali ini merupakan gempa susulan dari gempa yang mengguncang NTB sebelumnya. Gempa juga dirasakan di sejumlah daerah di NTB.
Mengingat epicenternya relative sama dengan gempabumi yang terjadi pada 19 agustus 2018 lalu, maka BMKG menyatakan bahwa gempabumi ini merupakan rangkaian gempabumi susulan yang terjadi sebelumnya.
Menurut informasi dirasakan dari masyarakat, dampak gempabumi dirasakan di Lombok Utara, Lombok Barat, Lombok Timur, Sumbawa, Mataram II SIG-BMKG (III MMI), Kuta dan Denpasar I SIG-BMKG (II MMI).
Selain itu, gempa tak berpotensi menimbulkan gelombang tsunami. Triyono berharap masyarakat tetap tenang setelah terjadi gempa tersebut.
Hingga pukul 02.10 WIB, Hasil monitoring BMKG menunjukkan telah terjadi dua kali aktivitas gempabumi susulan (aftershock). Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. 

Sementara itu, beberapa jam sebelumnya Mensos baru Agus Gumiwang Kartasasmita mengunjungi korban gempa Lombok dan memberikan bantuan dalam bentuk uang tunai kepada korban gempa. Kunjungan pertama kalinya setelah dilantik menjadi Mensos Jumat 24 Agustuis 2018 ini, merupakan tindaklanjut dari tugas Presiden Jokowi dalam upaya membantu korban gempa dari keterpurukan. (syam/TN)
Dini Hari NTB Diguncang Gempa 5,5 SR Dini Hari NTB Diguncang Gempa 5,5 SR Reviewed by samsul huda on August 26, 2018 Rating: 5

No comments

Post AD