Pilkades Serentak Grobogan 2018 Dianggarkan APBD Sebesar Rp 4 Miliar - GROBOGAN TOP NEWS

Pilkades Serentak Grobogan 2018 Dianggarkan APBD Sebesar Rp 4 Miliar

GROBOGAN (TopNews.Com) -  Pemkab Grobogan mengalokasikan anggaran untuk Pilkades Serentak 2018 melalui APBD Tahun Anggaran 2018 sebesar Rp 4 miliar. Anggaran itu rencananya dibelanjakan untuk membiayai pelaksanaan Pilkades di daerah itu.
Biaya pelaksanaan Pilkades itu meliputi pembuatan bilik suara, cetak surat  suara, sosialisasi tentang pelaksanaan Pilkades Serentak, honor panitia dan lainnya.
Kabag Pemdes Grobogan Daru Wisakti mengatakan,  Pilkades  Serentak dilangsungkan dalam dua gelombang. Untuk gelombang I diikuti 222 desa.  Waktu pelaksanaannya dijadwalkan 22 November 2018.
Dalam gelombang I ada beberapa kades yang masa jabatan baru berakhir Maret 2019. Tetapi Pilkadesnya kita ajukan akhir 2018. Namun, pelantikan 222 kades nanti akan dilakukan serempak Maret 2019,” kata Kabag Pemdes Grobogan Daru Wisakti di Purwodadi, kemarin.
Ia menghatakan hal itu ketika melangsungkan pembekalan teknis bagi panitia Pilkades di Gedung Riptaloka Setda, Kamis (5/7/2018). Untuk Pilkades gelombang II diperuntukkan bagi 51 desa . Kades di sejumlah desa itu berakhir masa jabatannya Maret 2019.  Pelaksanaannya direncanakan akhir tahun 2019.
.

Pembekalanitu dijadwalkan berlangsung tiga hari karena jumlah panitianya cukup banyak. Daru mengatakan, jumlah panitia Pilkades tiap desa 7 orang. Maka pembekalan dilakukan bertahap selama tiga hari supaya panitia Pilkades paham dengan materi mengenai teknis Pilkades.
Ia mengatakan, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan panitia.  Di antaranya saat mengumumkan hasil perhitungan suara, panitia diminta melakukan pengecekan terhadap  hasil perhitungan suara itu, lebih dulu. Hal ini untuk menghindari kesalahan yang berdampak luas.
Panitia lanjutnya, harus memastikan bahwa rekapitulasi itu, sudah benar dan disetujui saksi, kemudian dituangkan ke dalam berita acara. Pastikan surat suara sudah terhitung seluruhnya. Hasil perhitungan suara diminta tidak terburu-buru diumumkan sebelum dicek dengan cermat. (syam/TN)

Pilkades Serentak Grobogan 2018 Dianggarkan APBD Sebesar Rp 4 Miliar Pilkades Serentak Grobogan 2018 Dianggarkan APBD Sebesar Rp 4 Miliar Reviewed by samsul huda on July 05, 2018 Rating: 5

No comments

Post AD