Jokowi Ratas Penanganan Gempa NTB di Sumbar, Perintahkan Menteri Terkait Turun - GROBOGAN TOP NEWS

Jokowi Ratas Penanganan Gempa NTB di Sumbar, Perintahkan Menteri Terkait Turun


TOPNEWS.COM – Gempa 6,4 SR di Nusa Tenggara Barat (NTB) mengundang perhatian Presiden Jokowi, Minggu (29/7/2018) pukul 15.05 WITA. Begitu tiba di Bandara Sultan Muhammad Kaharuddin Sumbawa, Kabupaten Sumbawa Besar, Nusa Tenggara Barat (NTB, Presiden Jokowi langsung memimpin rapat terbatas (ratas) penanganan gempa di daerah itu. Rencananya Kepala Negara akan bermalam di Sumbar dan kemudian esok hari mengunjungi korban gempa di tenda-tenda pengungsian.
Presiden Jokowi  memerintahkan kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Menteri Sosial, Menteri Pekerjaan Uumum dan Perumahan Rakyat (PUPR), dan Panglima TNI segera bergerak membantu masyarakat yang terkena musibah tersebut.

"Kita harapkan sore atau besok pagi sudah terorganisasi untuk turun semuanya sehingga dari pusat, provinsi, dan kabupaten bisa bergerak bersama-sama," kata Presiden Jokowi di Sumbar, Minggu (29/7/2018) sore.

Ratas itu diikuti Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Gubernur Nusa Tenggara Barat Muhammad Zainul Majdi, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI Trisno Hendradi, dan Komandan Paspampres Mayjen TNI Mar Suhartono.

Presiden dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo tiba di Bandar Udara Sultan Muhammad Kaharuddin Sumbawa pukul 15.05 WITA setelah menempuh perjalanan 1 jam dengan pesawat Kepresidenan RJ-85 dari pangkalan TNI AU Sultan Hasanuddin, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.

Gempa 6,4 SR mengguncang wilayah Lombok, Bali dan Sumbawa itu, terjadi Minggu (29/7/2018) pukul 05.47 WIB. Hingga pukul 14.00 WIB, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat telah terjadi 124 kali gempa susulan dengan kekuatan yang lebih kecil dan tidak berpotensi tsunami.

Data BNPB, dilaporkan 16 orang meninggal dunia dan 164 lainnya mengalami luka berat dan ringan. Gempa juga mengakibatkan ribuan rumah rusak. Hingga saat ini pendataan korban masih terus berlangsung. Tim SAR Gabungan juga berupaya menyelamatkan korban yang tertimpa reruntuhan bangunan dan longsor gunung Rinjani. (syam/TN)

Jokowi Ratas Penanganan Gempa NTB di Sumbar, Perintahkan Menteri Terkait Turun Jokowi Ratas Penanganan Gempa NTB di Sumbar, Perintahkan Menteri Terkait Turun Reviewed by samsul huda on July 29, 2018 Rating: 5

No comments

Post AD