Pelaku Pengeboman 3 Gereja di Surabaya, Kelompok JAD dan JAT - GROBOGAN TOP NEWS

Pelaku Pengeboman 3 Gereja di Surabaya, Kelompok JAD dan JAT


TOPNEWS.COM -  Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan, bahwa pelaku bom bunuh diri di tiga gereja di Surabaya, Jatim, adalah satu keluarga. Mereka terdiri atas pasangan suami istri dan empat orang anaknya.
Mereka diduga Jamaah Ansharut Daulah (JAD) dan Jamaah Ansharut Tauhid (JAT).  Motif pengeboman itu berawal dari terpojoknya ISIS di Suriah hingga kerusuhan yang baru saja terjadi di rutan cabang Salemba di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok.BERITA TERKAIT
Pertanyaannya ini kelompok mana. Ini tidak lepas dari JAD dan JAT yang merupakan afiliasi dari ISIS. ‘’Ini di Indonesia pemimpin mereka adalah Aman Abdurahman yang kini masih ditahan di Mako Brimob," kata Kapolri Tito di RS Bhayangkara, Surabaya, Jatim, Minggu (13/5/2018).
Ia mengatakan hal itu usai meninjau para korban bom bunuh diri yang dirawat di rumah sakit tersebut. "Memang aksi ini diduga yang pertama tingkat internasional. ISIS yang sudah ditekan oleh kekuatan-kekuatan baik dari barat, Amerika dan lain-lain sehingga keadaannya terpojok," ujar Kapolri.
Kemudian lanjutnya, ISIS memerintahkan semua jaringan termasuk yang sudah kembali ke Indonesia untuk melakukan serangan. Termasuk di London saat ini juga terjadi aksi teror dengan menggunakan pisau.
Kapolri menambahkan jika di Indonesia sendiri aksi dipicu oleh sejumlah pimpinan kelompok mereka yang sudah dibekuk Densus 88.
"Aman Abdurahman masih ditahan di Mako Brimob, yang bersangkutan selain terlibat kasus pelatihan militer di Aceh juga peristiwa Bom Thamrin. Salah satu dalang aksi teror di 2016 itu. Sehingga yang bersangkutan diproses kasus bom Thamrin," jelasnya.
Setelah Aman Abdurrahman diciduk, ada sosok lain pemimpin kelompok tersebut. Yakni Zainal Anshori. Kapolri mengatakan, sSetelah mereka (Aman Abdurrahman) diproses, diganti sosok lain Zainal Anshori pimpinan JAD Jatim. Namun, dia juga ditangkap dalam kaitan menyelundupkan senjaata ke Filipina.
‘’Karena Aman dan Zainal sudah diciduk Densus, muncul reaksi untuk melakukan pembalasan,’’ ungkap Jenderal Tito.
Kemudian kelompok ini mulai bereaksi untuk membalas. Salah satunya dengan membuat kerusuhan di Mako Brimob, jadi bukan sekadar makanan pemicunya. Peristiwa di Mako Brimob membuat kelompok, sel-sel lain yang memang mereka sudah panas bertambah panas. Karena sudah ada instruksi ISIS di Suria maupun pimpinan tertangkap mereka mengambil momentum pembalasan. (syam/TN)


Pelaku Pengeboman 3 Gereja di Surabaya, Kelompok JAD dan JAT Pelaku Pengeboman 3 Gereja di Surabaya, Kelompok JAD dan JAT Reviewed by samsul huda on May 13, 2018 Rating: 5

No comments

Post AD