Seret Nursalim ke Indonesia, KPK Kerja Sama Dengan CPIB Singapura - GROBOGAN TOP NEWS

Seret Nursalim ke Indonesia, KPK Kerja Sama Dengan CPIB Singapura

JAKARTA (TopNews) -  Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang, mengaku tengah kerja sama dengan Corrupt Practies Investigation Bureau (CPIB) atau lembaga antikorupsi Singapura untuk menyeret Sjamsul Nursalim dan istri kembali ke Tanah Air guna menjalani pemeriksaan. Sebab sampai sekarang, Sjamsul dan istrinya, Itjeh yang bermukim di negara Singapura terus-terusan mangkir dari panggilan KPK.
"Jadi ini masih berproses di penyidik KPK, di mana mereka memahami tahapan prosesnya dikaitkan dengan rencana yang sudah disusun. Dan KPK memiliki hubungan kerja sama yang baik dengan CPIB Singapura," kata Saut di Jakarta, Minggu (15/4/2018).
Disinggung apakah KPK berencana melakukan kerja sama dengan Kemenkumham untuk membekukan perusahaan-perusahaan Sjamsul Nursalim di Indonesia, sebagai posisi tawar menyeretnya ke Jakarta, Saut enggan berspekulasi. Saut mengatakan tak menutup kemungkinan hal itu dilakukan.
Yang pasti, katanya, saat ini KPK tengah fokus dengan cara lain, salah satunya yakni membuktikan kesalahan tersangka Syafruddin yang telah memperkaya Sjamsul Nursalim selaku obligor BDNI.
"Sudah pasti akan dipulangkan kalau kami bisa buktikan peran Sjamsul Nursalim seperti apa pada perkara ini," ujar Saut.
KPK baru menjerat mantan Kepala BPPN, Syafruddin Temenggung sebagai tersangka. Syafruddin diduga telah merugikan keuangan negara sekitar Rp4,58 triliun atas penerbitan SKL BLBI kepada Sjamsul Nursalim selaku obligor BDNI.
Namun berkali-kali bos PT Gajah Tunggal, Tbk dan istri dipanggil oleh KPK secara patut, keduanya selalu mangkir dari panggilan penyidik KPK. (syam/TN)



Seret Nursalim ke Indonesia, KPK Kerja Sama Dengan CPIB Singapura Seret Nursalim ke Indonesia, KPK Kerja Sama Dengan CPIB Singapura Reviewed by samsul huda on April 18, 2018 Rating: 5

No comments

Post AD