Jokowi Resmikan Tol Ngawi-Kertosono - GROBOGAN TOP NEWS

Jokowi Resmikan Tol Ngawi-Kertosono


TOPNEWS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan jalan tol Ngawi-Kertosono (Klitik-Wilangan) sepanjang 52 kilometer, Kamis (29/3/2018) kemarin. Tol itu, melintasi tiga kabupaten di Jatim, yaitu Kabupaten Ngawi, Madiun, dan Nganjuk.  Mulai kemarin tol tersebut siap dioperasikan untuk memenuhi kebutuhan infrastruktur dan transportasi masyarakat.
Ruas tol itu merupakan bagian dari ruas tol Solo-Ngawi-Kertosono yang dibangun PT Ngawi Kertosono Jaya (PT NKJ).
"Target saya, akhir 2018 dari Merak sampai Pasuruan sudah tersambung. Dan akhir 2019 dari Merak sampai Banyuwangi sudah terhubung (tersambung)," kata Presiden Jokowi saat meresmikan tol itu,  Kamis (29/3/2018).
Peresmian ruas Ngawi-Wilangan ini mendahului dua ruas lainnya karena infrastruktur dinilai lebih siap. Sementara ruas tol Solo-Ngawi oleh PT Solo Ngawi Jaya (SNJ) dan Wilangan-Kertosono oleh pemerintah belum selesai pembangunannya.
Total panjang jalan tol Ngawi-Kertosono mencapai 87,5 km. Dari ruas ini sepanjang 52 km dikerjakan PT NKJ dengan nilai investasi Rp3,83 triliun untuk ruas Klitik, Ngawi-Wilangan, Nganjuk. Sisanya ruas Wilangan-Kertosono panjang 37 kilometer dikerjakan pemerintah.
Tol Ngawi-Kertosono memiliki empat gerbang tol (GT). Gerbang itu telah diuji kelayakannya. Yakni Gerbang Tol (GT) Ngawi (dioperasikan PT Solo Ngawi Jaya (SNJ), GT Madiun di Dumpil Balerejo, GT Mejayan di Caruban, dan GT Wilangan di perbatasan Kabupaten Madiun-Nganjuk di Desa Pajaran Kecamatan Saradan. Tiga GT terakhir dikelola PT Ngawi Kertosono Jaya (NKJ).
Presiden Joko Widodo didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Sekretaris Negara Pramono Anung, Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Direktur Utama PT Jasa Marga Desi Arryani, Direktur Operasi II PT Waskita Karya Nyoman Wirya Adnyana dan Direktur Utama PT Ngawi Kertosono Jaya Iwan Moedyarno.
Presiden Jokowi melakukan penempelan transaksi elektronik atau e-tol sebagai pertanda tol Ngawi-Kertosono sudah mulai dioperasikan. Kemudian rombongan meninjau konstruksi jalan tol dengan menaiki truk proyek. (syam/TN)
Jokowi Resmikan Tol Ngawi-Kertosono Jokowi Resmikan Tol Ngawi-Kertosono Reviewed by samsul huda on March 29, 2018 Rating: 5

No comments

Post AD