Dokter Kecantikan Sonia Wibisono Diperiksa KPK Soal TPPU Bupati Kukar - GROBOGAN TOP NEWS

Dokter Kecantikan Sonia Wibisono Diperiksa KPK Soal TPPU Bupati Kukar


JAKARTA (TopNews) - Dokter kecantikan Sonia Wibisono diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dia diperiksa sebagai saksi terkait kasus dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU) yang menjerat Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Rita Widyasari.
"Ada kebutuhan penyidikan untuk klarifikasi terkait penggunaan kekayaan tersangka Rita untuk perawatan kecantikan," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di kantornya Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat (26/1/2018).
Kedatangannya luput dari perhatian awak media karena langsung masuk ke dalam lobi KPK. Selain itu, nama Sonia Wibisono, Jumat kemarin tidak masuk dalam jadwal pemeriksaan KPK.
Sonia seharusnya diperiksa penyidik Selasa, 23 Januari 2018 sebagai saksi untuk kasus yang sama. Namun, saat itu dia mangkir dari panggilan KPK.
Pada kasus ini, penyidik menduga Bupati Rita menggunakan uang hasil tindak pidana pencucian uang (TPPU) untuk perawatan kecantikan. Penyidik akan mendalami penggunaan kekayaan, baik untuk kepentingan pribadi atau kepentingan lain dari tersangka Rita Widyasari.
Febri mengatakan, penyidik kini tengah memetakan aset dan kekayaan milik Bupati Rita. Pemetaan kekayaan itu untuk menelurusi pencucian uang yang diduga dilakukan bupati nonaktif  Kukar tersebut.
Sebelumnya, KPK menetapkan Bupati nonaktif Kukar Rita Widyasari dan Komisaris PT Media Bangun Bersama (MBB) Khairudin sebagai tersangka Tindak Pidana Pencucian Uang TPPU.
KPK menduga keduanya bersama-sama melakukan pencucian uang dari hasil tindak pidana korupsi dan gratifikasi dalam sejumlah proyek dan perizinan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara sebesar Rp 436 miliar.
Wakil Ketua KPK Laode M Syarief mengatakan, Rita Widyasari dan Khairudin diduga membelanjakan hasil gratifikasi itu, untuk membeli kendaraan yang diatasnamakan orang lain, tanah, uang tunai maupun dalam bentuk lainnya.
Dalam kasus ini, KPK menyita beberapa barang bukti, antara lain uang dalam pecahan US$ 100 sejumlah US$ 10.000 dan pecahan mata uang lainnya. Jumlahnya setara dengan Rp 200 juta.
Penyidik KPK juga menyita puluhan tas bermerek milik Rita Widyasari yang diduga berasal dari hasil pencucian uang. Semua tas tersebut saat ini masih dalam tahap penilaian oleh tim penyidik KPK. Puluhan tas tersebut terdiri dari beberapa brand tas ternama seperti Dolce Gabbana, Louis Vuiton, dan Hermes serta beberapa brand terkenal lainnya. (syam/TN)
Dokter Kecantikan Sonia Wibisono Diperiksa KPK Soal TPPU Bupati Kukar Dokter Kecantikan Sonia Wibisono Diperiksa KPK Soal TPPU Bupati Kukar Reviewed by samsul huda on January 26, 2018 Rating: 5

No comments

Post AD