Produksi Semen Grobogan di Sugihmanik 5 Juta Ton Per Tahun Optimis Terpenuhi - GROBOGAN TOP NEWS

Produksi Semen Grobogan di Sugihmanik 5 Juta Ton Per Tahun Optimis Terpenuhi


GROBOGAN (TopNews) – Produksi PT Semen Grobogan 5 juta ton per tahun optimis terpenuhi. Sebab bahan baku untuk itu, tersedia melimpah di beberpa desa di sekitar lokasi pabrik di Desa Sugihmanik, Kecamatan Tanggungharjo, Kabupaten Grobogan, Jateng.
‘’Secara teknis hitungan itu, tidak akan meleset karena jauh-jauh hari sudah dikalkulasi tim teknis dari ESDM, Penanaman Modal dan Dinas Lingkungan,’’ kata Manajer Lapangan PT Semen Grobogan Tonny Santoso di Purwodadi, kemarin.
Ia mengatakan, kapasitas produksi  itu, sudah tercantum dalam izin pengoperasian PT Semen Grobogan. Dasarnya adalah ketersediaan bahan baku yang cukup di beberapa desa di Kecamatan Tanggungharjo dan Kecamatan Karangrayung.
Di Desa Tanggungharjo  ada 41,36 ha, di Desa Sugihmanik, Kapung, Kaliwenang, dan Mrisi ada 199,3 ha. Sedangkan bahan baku lainnya berada  di Kecamatan Karangrayung seluas 659 ha di Desa Putatnganten, Termas, Dempel, dan Ketro.
Diperoleh keterangan dari ESDM Jateng, bahwa bahan baku semen PT Semen Grobogan itu, tidak akan habis hingga 40 tahun ke depan.  Disinggung kapan pabrik itu selesai dibangun dikatakan, 2-3 tahun lagi. Tetapi akan diupayakan lebih cepat, meski kontraknya tertulis 2-3 tahun lagi.
Saat ini kata Tonny, rekanan Cina yang memenangkan tender pembangunan pabrik Semen Grobogan itu, baru mempersiapkan pembangunan jalan lingkungan pabrik dengan teknis beton bertulang. Mengapa dipilih beton rabat, karena kontur tanah di lokasi tapak pabrik seluas 53 ha itu, secara teknis lebih cocok dengan beton daripada hotmix.
Rencananya setelah jalan lokasi pabrik selesai, tahun depan akan dilanjutkan dengan pembangunan jalan beton di jalur distribusi dari Sugihmanik hingga Gebangan Tegowanu, sepanjang 12 kilo meter. (syam/TN)


Produksi Semen Grobogan di Sugihmanik 5 Juta Ton Per Tahun Optimis Terpenuhi Produksi Semen Grobogan di Sugihmanik 5 Juta Ton Per Tahun Optimis Terpenuhi Reviewed by samsul huda on December 19, 2017 Rating: 5

No comments

Post AD