Berkas Perkara Setya Novanto Akhirnya Dilimpahkan ke Pengadilan - GROBOGAN TOP NEWS

Berkas Perkara Setya Novanto Akhirnya Dilimpahkan ke Pengadilan


JAKARTA (TopNews) – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akhirnya melimpahkan berkas perkara Setya Novanto ke PengadilanTindak Pidana Korupsi (Tipikor), Jakarta Pusat, Rabu (6/12/2017). Dengan pelimpahan berkas itu, praktis praperadilan Novanto terancam gagal.
Dokumen Novanto itu mencapai ribuan halaman, dibawa menggunakan mobil ke Gedung Pengadilan Tipikor Jalan Bungur Raya, Kemayoran, Jakarta Pusat.
Berkas itu terpaksa diangkut dengan menggunakan troli ke dalam Pengadilan Tipikor Jakarta. Hal itu dilakukan petugas KPK karena tidak memungkinkan berkas tersebut digotong secara manual lantaran saking banyaknya.
Ketua KPK Agus Rahardjo secara terpisah di Jakarta membenarkan bahwa pihaknya telah membawa berkas perkara Novanto ke Pengadilan Tipikor Jakarta untuk didaftarkan.
"Insya Allah hari ini dilimpahkan ke pengadilan," kata Ketua KPK Agus. Sebelumnya, Juru Bicara  KPK Febri Diansyah mengatakan, tim jaksa penuntut tengah merampungkan surat dakwaan Novanto terkait kasus korupsi e-KTP di Kemnadgri tahun 2011-2012. Kasus itu merugikan negara Rpo 2,3 triliun.
"Jadi pelimpahan dapat dilakukan antara hari ke-1 sampai 14. Sepenuhnya tergantung kepada kelengkapan seluruh dokumen yang dipersyaratkan," kata Febri.
Novanto ditetapkan sebagai tersangka setelah diduga ikut merugikan negara Rp2,3 triliun dalam proyek e-KTP. Menurut KPK, Novanto berperan dalam pemberian suap terkait proses penganggaran proyek e-KTP di DPR untuk tahun anggaran 2011-2012.
Selain itu, Novanto juga berperan dalam mengarahkan dan memenangkan Konsorsium PNRI menjadi pelaksana proyek pengadaan e-KTP.
Setya Novanto juga diduga mengatur supaya anggaran proyek e-KTP senilai Rp5,9 triliun disetujui oleh anggota DPR. Selain itu, ia juga diduga mengondisikan pemenang lelang dalam proyek e-KTP sewaktu menjabat Ketua Fraksi Golkar di DPR. (syam/TN)


Berkas Perkara Setya Novanto Akhirnya Dilimpahkan ke Pengadilan Berkas Perkara Setya Novanto Akhirnya Dilimpahkan ke Pengadilan Reviewed by samsul huda on December 06, 2017 Rating: 5

No comments

Post AD