Jokowi Ingin Dana Desa 2018 Diarahkan Untuk Program Padat Karya - GROBOGAN TOP NEWS

Jokowi Ingin Dana Desa 2018 Diarahkan Untuk Program Padat Karya


JAKARTA (TopNews) - Presiden Joko Widodo berkeinginan supaya dana desa tahun 2018 diarahkan untuk proyek padat karya. Dengan itu, Jokowi berharap hal tersebut akan dapat membuka lebih banyak lapangan kerja di desa-desa.
Demikian disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam rapat terbatas di Kantor Presiden Jakarta, Jumat (3/11/2017).  Jokowi mengingatkan sejumlah Menteri Kabinet Kerja menjalankan program dana desa secara swakelola. Salah satunya melalui program padat karya (cash for work) yang diluncurkan pemerintah untuk pembangunan infrastruktur  yang bersifat jangka pendek.
Jokowi memerintahkan jajarannya untuk terus memperkuat seluruh aspek yang mendukung jalannya program itu. "Saya minta agar kementerian/lembaga yang memiliki program di daerah atau di desa dikonsolidasikan lagi baik dari sisi perencanaan maupun dari sisi anggaran pembiayaan," katanya.
Presiden Jokowi juga meminta pemanfaatan dana desa diperkuat dengan program-program kementerian di daerah yang bisa mengembangkan sektor-sektor unggulan dan menjadi motor penggerak perekonomian nasional.
Mulai dari industri kecil menengah, agro bisnis, budi daya perikanan, dan sebagainya. Dan juga perlu pelatihan dan pendampingan agar dapat menggali dan mengembangkan potensi-potensi yang ada di desanya masing-masing.
Pihaknya berharap pemanfaatan dana desa secara swakelola dapat membantu upaya pemerintah menekan kemiskinan dan membuka lapangan pekerjaan.
"Dana yang mengalir semakin besar ke daerah/desa seharusnya bisa membuka lapangan kerja yang lebih luas dan mengentaskan kemiskinan," ujar Presiden Jokowi. (syam/TN)
Jokowi Ingin Dana Desa 2018 Diarahkan Untuk Program Padat Karya Jokowi Ingin Dana Desa 2018 Diarahkan Untuk Program Padat Karya Reviewed by samsul huda on November 04, 2017 Rating: 5

No comments

Post AD