Pembentukan Densus Tipikor Ditunda, Kapolri Segera Kaji Ulang - GROBOGAN TOP NEWS

Pembentukan Densus Tipikor Ditunda, Kapolri Segera Kaji Ulang



 JAKARTA (TopNews) - Kapolri Jenderal Tito Karnavian memastikan institusinya akan mengkaji ulang pembentukan Detasemen Khusus Tindak Pidana Korupsi (Densus Tipikor). Langkah ini dilakukan usai pemerintah memutuskan untuk menunda pembentukan Densus Tipikor dalam rapat kabinet terbatas di Istana Negara, Jakarta.
Kapolri Tito mengatakan, Polri telah memiliki kelompok kerja internal untuk membuat konsep umum dari Densus Tipikor. Polri juga akan mengundang para ahli, baik internal maupun eksternal, KPK hingga kejaksaan serta stakeholder lain untuk mematangkan konsep Densus Tipikor.
Dari hasil rapat kabinet, kata Tito, Polri diminta membuat konsep umum Densus Tipikor seperti nama, bentuk, struktur organisasi, anggaran, rekrutmen personel, mekanisme kerja hingga koordinasi dengan lembaga penegak hukum lain seperti KPK dan Kejaksaan Agung. Persiapan ini, kata Tito, tidak diberi batas waktu.
"Yang kami kerjakan sekarang, Polri, adalah Pokja ini akan kita rapihkan kembali, kita akan bicarakan kembali lebih detail dan lain-lain. Setelah itu kita akan laporkan kepada Menkopolhukam," kata Tito di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (24/10/2017).

Selain hal-hal tersebut, Presiden Joko Widodo juga meminta kepada Polri untuk mengkaji standar operasional prosedur (SOP) hingga hubungan tata cara kinerja (HTCK). Setelah semua rampung, Polri akan menyampaikan hasil kajian kepada Menko Polhukam.
"Nanti akan dirapatkan di tingkat Menko dulu, Menkopolhukam Pak Wiranto. Nanti dengan instansi terkait termasuk mungkin KPK, kejaksaan, Menkumham, Menpan, Menteri Keuangan," ujarnya.
Ia mengatakan, dari segi internal, Presiden Jokowi menginginkan rekrutmen Densus Tipikor dilakukan dengan penawaran terbuka di internal Polri. Tujuannya, agar mendapat personel Densus yang berintegritas dan profesional.
"Sehingga betul-betul diyakini bahwa satuan ini betul-betup bersih, tidak melakukan pelanggaran-pelanggaran, memiliki reputasi yang baik, dan lain-lain," tandasnya. (syam/TN)
Pembentukan Densus Tipikor Ditunda, Kapolri Segera Kaji Ulang Pembentukan Densus Tipikor Ditunda, Kapolri Segera Kaji Ulang Reviewed by samsul huda on October 24, 2017 Rating: 5

No comments

Post AD