Jokowi Ingatkan Politik Polri Untuk Negara & Polisi-TNI Menyatu Dalam Pilkada 2018 - GROBOGAN TOP NEWS

Jokowi Ingatkan Politik Polri Untuk Negara & Polisi-TNI Menyatu Dalam Pilkada 2018



SEMARANG (TopNews) – Jajaran Kepolisian RI diminta Presiden  Joko Widodo (Jokowi) menjaga netralitas dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2018. 
Hal itu disampaikan Jokowi ketika membuka Apel Kepala Satuan Wilayah (Apel Kasatwil) Polri 2017 di Akpol Semarang, Jawa Tengah, Senin (9/2/2017). 
"Saya titip pesan yang namanya Polri harus netral dalam setiap kontestasi politik baik yang ada di provinsi, kabupaten, kota untuk Pilkada 2018," kata Jokowi.
Ia mengatakan, kunci sukses Pilkada adalah solidnya TNI-Polri dalam melakukan pengamanan dan pengawasan pesta demokrasi itu.
Pihaknya meyakini di setiap pilkada gubernur, bupati/kota kuncinya hanya satu asal dilihat oleh masyarakat, asal dilihat kontestan-kontestan, kandidat yang ada dan pendukungnya, dilihat TNI dan polri itu solid, sudah rampung. 
Hal itu katanya, dilihatnya berdasarkan pengalaman ketika bertarung dalam Pilkada Solo dan Pilkada DKI Jakarta.  "Kuncinya ada di situ dari pengalaman saya ikut-ikut Pilkada. Jadi kuncinya ada di situ TNI-Polri solid," jelasnya.
Jokowi mengingatkan jajaran Polri agar tidak terjun dalam politik praktis. Sebab, politik Polri adalah politik negara. Semuanya diminta loyal dan setia kepada negara, kepada rakyat, kepada pimpinan. Kalau hal dikerjakan maka semua masalah selesai.
‘’Enggak ada lah yang berani macam-macam, yang berani main-main, saya meyakini itu," tutur Presiden Jokowi.
Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian mengatakan, Apel Kasatwil Polri merupakan kegiatan rutin tahunan secara internal oleh korps Bhayangkara. Apel akan berlangsung selama 9-11 Oktober 2017 di Akademi Kepolisian RI, Semarang, Jawa Tengah. Alasannya untuk mengajak seluruh jajaran Polri bernostalgia masa-masa awal pendidikan.
"Tahun ini kami ambil tempat di Akpol dengan tujuan utama kembali ke nostalgia lama di almamater ini. Karena sebagian besar para kepala Satwil adalah lulusan Akpol," kata dia.
Diharapkan dalam tiga hari ini akan merefresh kembali idealisme lama pada saat dididik di almamater ini untuk menjadi Polri yang baik sebagai Bhayangkara Negara. Apel Kasatwil Polri itu dalam rangka persiapan pengamanan dan pengawasan Pilkada Serentak 2018 yang akan digelar di 101 daerah se-Indonesia.
"Pilkada Serentak 2018 akan dilaksanakan Juni 2018. Namun Perlu persiapan sejak dini," kata Tito. Apel diikuti oleh 546 anggota Polri. Rinciannya, 19 pejabat utama Mabes Polri, 33 Kapolda se-Indonesia dan 33 biro operasi jajaran Polda se-Indonesia serta 461 Kapolres Metro, Kapolresta seluruh Indonesia.
"Kami manfaatkan juga kegiatan ini untuk evaluasi Polri khususnya dalam rangka membangun kepercayaan publik atau public trust,’’ kata Kapolri Tito.  Arahan Presiden katanya, adalah motivasi bagi jajaran polri untuk memberikan yang terbaik, bagi bangsa dan negara. (syam/TN)

Jokowi Ingatkan Politik Polri Untuk Negara & Polisi-TNI Menyatu Dalam Pilkada 2018 Jokowi Ingatkan Politik Polri Untuk Negara & Polisi-TNI Menyatu Dalam Pilkada 2018 Reviewed by samsul huda on October 09, 2017 Rating: 5

No comments

Post AD