Dipertanyakan PT Semen Grobogan Datangkan Tenaga Asing Bidang Sipil - GROBOGAN TOP NEWS

Dipertanyakan PT Semen Grobogan Datangkan Tenaga Asing Bidang Sipil

GROBOGAN (Top News) – Dipertanyakan PT Semen Grobogan mendatangkan tenaga asing dari Cina dalam bidang teknik sipil sebanyak 10 orang. Mereka diduga dibawa rekanan Cina yang memenangkan tender pembangunan pabrik semen itu di Desa Sugihmanik, Kecamatan Tanggungharjo, Kabupaten Grobogan, Jateng.
Diperoleh keterangan, mereka direkrut khusus untuk menangani teknis sipil pembangunan pabrik semen berskala nasional di Desa Sugihmanik, Kecamatan Tanggungharjo. Padahal tenaga teknik sipil dari Grobogan cukup banyak.
‘’Maka patut dipertanyakan mengapa tidfak melibatkan tenaga teknik sipil dari daerah Grobogan. Padahal tenaga teknik sipil di daerah ini tersedia banyak,’’ kata Yanto (48), warga Grobogan, Kamis (21/9/2019).
Ia mengatakan, PT Semen Grobogan mengabaikan keterampilan dan pengalamanan warga daerah itu dalam bidang teknik sipil. Terbukti tidak ada satu pun yang direkrut PT tersebut sebagai ahli sipil.  Terhadap kasus ini pihaknya berencana klarifikasi ke Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Grobogan, DPRD dan pihak terkait yang lain.
Manajer Lapangan PT Semen Grobogan Tonny Susanto mengatakan, sejumlah tenaga asing itu datang ke Sugihmanik atas izin Kementerian Tenaga Kerja. ‘’Mereka diijinkan tinggal sementara di Desa Sugihmanik Kecamatan Tanggungharjo selama proyek semen berlangsung,’’ kata Manajer Lapangan Tonny Susanto di Purwodadi, Rabu (20/9/2017).
Ia mengatakan hal itu ketika hadir dalam acara ghatering PLN Area Demak di  Front One Hotel Jalan Gajah Mada Purwodadi. Tenaga asing tersebut didatangkan rekanan  yang mengerjakan pabrik semen dari Cina. Mereka tinggal di mess sederhana di lokasi pabrik.
Tonny mengatakan, ijin tinggal sejumlah tenaga asing itu telah diproses jauh-jauh hari di Kementerian Tenaga Kerja di Jakarta. Prosesnya cukup memakan waktu, sehingga menyebabkan pelaksanaan pekerjaan fisik pabrik semen tersebut mundur dari yang dijadwalkan.
‘’Dengan itu mereka tidak perlu lagi ijin ke Dinas Tenaga Kerja Grobogan. Meskipun mereka bakal menetap di Desa Sugihmanik Kecamatan Tanggungharjo selama 1-2 tahun,’’ kata Tonny.
Pihaknya berencana merekrut juga tenaga teknik sipil dari wilayah Grobogan untuk mengimbangi tenaga teknik sipil yang direkrut rekanan PT Semen Grobogan.  Berapa orang yang akan direkrut dikatakan, sesuai kebutuhan. Atau paling tidak jumlahnya sama dengan tenaga asing yang telah ditempatkan di Desa Sugihmanik Kecamatan Tanggungharjo. Dengan itu diharapkan tidak terjadi kecemburuan sosial di Grobogan. (syam/TN)
Untuk tahapp awal pihaknya akan melakukan eset atau pengukuran kembali lokasi pabriuk, gudang, kantor, mess dan lainnya di tempat itu. Kemudian baru penanganan fisiknya. Itupun ditangani secara bertahap. (syam/TN)


Dipertanyakan PT Semen Grobogan Datangkan Tenaga Asing Bidang Sipil Dipertanyakan PT Semen Grobogan Datangkan Tenaga Asing Bidang Sipil Reviewed by samsul huda on September 21, 2017 Rating: 5

No comments

Post AD